Ini Tips Merawat Pelek Berbahan Krom

Ini Tips Merawat Pelek Berbahan Krom Foto : Deddy / KO

KabarOto.com – Pelek mobil zaman sekarang memang punya beragam jenis, dan salah satu paling populer sekarang adalah pelek celong dengan kombinasi modifikasi ala stance.

Pelek model ini biasanya memiliki konstruksi 2 atau 3 piece, dimana bagian barrel, lips dan face itu terpisah. Dan ciri khasnya ialah lips punya warna krom mengkilap bahkan terkadang punya efek seperti kaca.

Hal tersebutlah yang terkadang jadi faktor daya tarik modifikasi stance mulai banyak peminatnya, sebab mobil jadi terlihat jauh lebih eksklusif dan elegan.

Pelek krom sudah berjamur dan banyak kerak.

Tetapi setiap kelebihan pasti ada kekurangannya nih, karena bisa dibilang kalau kita menggunakan pelek model seperti ini, sang owner dituntut agar lebih memperhatikan sektor pelek.

Sebab jika tidak, bahan krom pada lips akan lebih cepat berjamur dan kusam, bahkan menimbulkan kerak yang sulit hilang.

Baca Juga : Mercedes-Benz CLK 240 Tampil Mewah Dengan Pelek Monoblock

“Untuk pelek berbahan lips krom memang lebih rumit perawatannya, ketimbang pelek biasa dengan full cat. Karena kalau terkena air hujan dan tidak langsung dilap maka langsung menimbulkan bekas kerak
air, dan sangat sulit dibersihkan,” ujar Dicky selaku owner Selow Wheels Station.

Perbandingan pelek yang belum dibersihkan (kiri) dan yang sudah (kanan), terlihat lebih elegan yah.

Oleh karena itu pemilik harus lebih memperhatikan dan rajin merawat. Sebenarnya caranya tidak terlalu sulit kok sob, “Kalau sehabis dibawa keluar, perhatikan saja apakah ada bekas percikan air atau tidak. Kalau ada bisa dibilas dulu supaya kotoran turun. Lalu lap hingga kering, lapnya juga kalau bisa jangan plas chamois yah, tapi pakai microfiber halus. Soalnya dikhawatirkan ada pertikel kecil nyangkut dan membaret sehingga jadi swirl atau baret halus,” jelas pria ramah tersebut.

Pelek krom hasil repolish menimbulkan efek seperti kaca loh sob.

Baca Juga : Mau Pelek Original Second? Coba Cari Disini Sob

Nah kalau sudah sangat kotor, boleh mencucinya supaya lebih mengkilap, “Cara paling murah mencuci pelek krom bisa dengan sabun cuci piring, karena bahan dalam kandungannya bisa dibilang dapat
mengkilapkan si krom itu sendiri. Tapi kalau mau lebih bagus bisa kok dengan sampo mobil dipasaran,” lanjutnya.

Setelah semuanya sudah bersih, sebagai proteksi lebih dan finishing, bisa menggunakan bahan pengkilap logam atau krom yang ada dipasaran.

“Sisanya sih bisa pakai pengkilap logam, atau khusus krom mobil. Karena kan dipasaran sudah sangat banyak produk sejenis, tujuannya selain lebih mengkilapkan, bisa juga membersihkan dari sisa kotoran yang tidak hilang ketika proses pencucian,” tutupnya pada tim KabarOto.