POPULAR STORIES

Inilah Mazda Bongo Kembaran Identik Daihatsu Gran Max

Inilah Mazda Bongo Kembaran Identik Daihatsu Gran Max

KabarOto.com – Beberapa waktu lalu sempat dirilis dua kembaran mobil komersial yakni Toyota Town Ace dan Daihatsu Gran Max. Ternyata tidak hanya itu yang punya basis sama, melainkan ada juga Mazda Bongo.

Sejak peluncuran Mazda Bongo Van pertama pada 1966, hingga Mei 2020, totalnya telah mengakumulasi lebih dari 2,1 juta unit sudah tersebar.

Perbedaan STD dan DX.

Baca Juga : Daihatsu Baru Recall 9.034 Unit Gran Max Dan Luxio

Kini Mazda Bongo hadir dari basis kedua saudaranya, yakni Toyota Town Ace dan Daihatsu Gran Max. Jika kita lihat secara seksama, baik eksterior maupun interior hampir semuanya sama persis. Perbedaan paling terlihat hanya logo dan merek saja.

Bongo pun hadir dalam dua pilihan yakni minibus dan pikap, masing-masing tersedia tipe STD dan DX. Perbedaannya, STD memiliki tampilan lebih dasar, seperti bumper plastik hitam dan spion model lipat manual. Serta DX lebih modern karena bumper dan spion sewarna bodi.

Fiturnya pun masih sama, yakni airbag 2 titik, rem ABS-EBD, stability control, dan traction control sebagai standar. Fitur modern seperti smart assist, automatic high beam, Lane departure warning, pre-collision warning dengan auto emergency brake menjadi andalan mobil angkut ini. Beda banget dengan Daihatsu Gran Max yah.

Baca Juga : Toyota Corolla GR Sport, Ada Komentar

Menggendong mesin 2NR-VE 4 silinder DOHC 1.300 cc sama seperti Toyota Avanza, tenaganya sekitar 97 dk dan torsi maksimum 134 Nm. Asyiknya lagi, selain pilihan transmisi manual 5 percepatan ada otomatis 4 percepatan, serta opsi penggerak AWD.

Soal harganya mulai dari pikap STD manual 2WD terendah 1.680.800 yen atau setara Rp 230 jutaan. Hingga tertinggi minibus DX otomatis AWD 2.350.700 yen atau Rp 320 jutaan.