POPULAR STORIES

Intersport Auto Show 2019 Tegal Didominasi Street Racing

Intersport Auto Show 2019 Tegal Didominasi Street Racing Foto: Rio Fajar

KabarOto.com – Seri kedua Intersport Auto Show 2019 di Tegal telah berlangsung (20/07). Menariknya pada kontes ini, mobil peserta tak hanya harus dimodifikasi, namun konsep modifikasinya harus proper atau masih layak dan aman dipakai sehari-hari.

Setelah seri 1 di Semarang (06/07) lalu, di Tegal ini pesertanya juga diserbu dari berbagai kota lain, bahkan ada yang datang dari Bekasi. Serunya lagi, event kali ini didominasi peserta yang punya aliran street racing.

Mercedes-Benz SLK milik Ichan yang bertarung di kategori Street Racing

Total ada 8 dari 14 peserta yang pakai aliran ini, mulai dari Astra Toyota Agya sampai Mitsubishi Evolution X. Sedang lainnya ada yang andalkan gaya elegan atau VIP, termasuk aliran racing yang bergaya mobil drag.

Pembeda Intersport Auto Show dengan kontes modifikasi lainnya adalah penilain juri menggunakan sistem live judging. Jadi, tiap peserta berikut mobilnya naik ke panggung dan ada sesi tanya jawab dengan juri, untuk menjelaskan modifikasi apa saja yang telah dilakukan.

Baca juga: Honda Civic Estilo Milik Juragan Alat Tulis Ini Bisa Tebas Supercar!

Suasana live judging, tiap peserta ditanya mendetail apa saja ubahan yang dikerjakan

“Ini untuk mengedukasi peserta juga, supaya mereka paham betul komponen apa saja yang terpasang di mobilnya, berikut apa fungsi dari modifikasi tersebut,” ujar Rendy Surya, salah satu juri yang juga jurnalis otomotif senior di dunia modifikasi.

Total, ada 5 kategori yang harus direbut oleh peserta, yakni Elegance, VIP, Street Racing, Racing dan Retro Racing. Nantinya, masing-masing pemenang kategori tersebut akan dibawa untuk bertanding di seri final yang akan berlangsung di Jakarta.

Baca juga: Mitsubishi Lancer GLXi 2001 Ini Mesin Pembunuh Di Drag Race Kelas 12 Detik 402 Meter

Mercedes-Benz CLK milik Marco yang jadi pemenang 2 kategori Elegance

Tentunya, masing-masing kategori tersebut butuh totalitas peserta untuk memaksimalkan tiap sudut modifikasinya. Makanya, banyak peserta yang mengecat ulang warna bodinya, pun pemakaian pelek dengan fitment ketat antara ban dan sepatbor, lalu aplikasi suspensi udara, penambahan turbocharger jadi pemandangan biasa di kontes ini.

Misal pada Toyota Yaris milik Reindy Riupassa yang menang di kategori Racing. Small hatchback miliknya benar-benar tampil total pakai tema racing, mulai dari interior terondol tanpa audio, yang memang tak pernah ditemui di mobil balap. Plus aplikasi turbo di mesin dengan ubahan signifikan, demi bertarung di ajang touring.

Baca juga: Populasi Ducati Paul Smart 1000 Ini Bisa Dihitung Jari Di Indonesia

Toyota Yaris milik Reindy saat live judging

Lihat juga Honda Brio milik Dinur, pemenang kategori Elegance. Tampang depannya telah di-facelift jadi Brio generasi terbaru, plus warna bodi hijau bercampur Xyralic yang atraktif. Aplikasi suspensi udara dengan pelek 18 inci yang bikin ban mepet sepatbor. Masih ditambah upgrade mesin plus turbo dan intercooler. Hingga interior yang berubah total, sampai pemasangan sound system dengan konsep SQ.

Next, Intersport Auto Show seri 3 dari total 6 seri akan mampir di kota Purwokerto. Jadi, siapkan benar-benar mobil modifikasi proper andalan kalian. Jangan lupa pelajari apa saja yang diubah, supaya juri bisa paham, kenapa suatu barang bisa terpasang dan apa fungsinya.

Berikut adalah daftar pemenang Intersport Auto Show seri 2 di Tegal.

Daftar Pemenang

Retro Racing:

1. Mitsubishi Lancer - Reindy Riupassa

Street Racing:

1. Lancer Evolution X - Marco Hutomo

2. Mercedes-Benz SLK - Ichan Thalib

3. Toyota Kijang Innova - Hakim Putratama

Racing:

1. Toyota Yaris - Reindy Riupassa

VIP:

1. Mercedes-Benz S-class W140 - Dimas A. P.

2. Mercedes-Benz S-class W140 - Teysa D.

Elegance:

1. Honda Brio - Dinur Yuwidianto

2. Mercedes-Benz CLK - Marco Hutomo

3. Lexus GS 300 – Gala