POPULAR STORIES

Intip Keunggulan Gerobak Listrik Seharga Rp20 Juta Yuk!

Intip Keunggulan Gerobak Listrik Seharga Rp20 Juta Yuk! Gerobak Listrik yang bisa digunakan untuk UMKM kembangkan usahanya

KabarOto.com - Gerobak adalah alat yang biasa digunakan masyarakat untuk berjualan sayur, bakso, mie ayam bahkan sebagai pengangkut sampah. Namun apa yang terbayang di pikiran Anda, jika ada sebuah gerobak yang bisa berjalan dengan tenaga listrik?

Adalah sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang energi terbarukan bernama PT Solar Panel Indonesia (SPI). Perusahaan ini berhasil membangun sebuah kendaraan roda tiga bertenaga listrik yang diberi nama Gerobak Listrik (Gelis).

Baca Juga: Pengusaha Asal Jambi Beli Motor Listrik Jokowi Rp2,5 Miliar

Kendaraan yang diklaim pertama di Indonesia ini, akan segera diproduksi secara massal dan akan dipasarkan di seluruh Indonesia. Kendaraan ini nantinya digunakan untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Gelis 300 dibekali dengan motor listrik berdaya 800 Watt, dengan suplai daya dari baterai tipe VRLA 48v-26AH. Gerobak ini mampu melaju hingga kecepatan maksimum 30 Kpj dengan jarak tempuh 30 Km.

Gelis 300 juga didukung dengan rangka ringan yang beratnya mencapai 600 Kg dan mampu mengangkut beban sampai 300 Kg. Pengangkutan beban yang berat ini, didukung dengan kaki-kaki seperti per belakang model daun dan suspensi depan telescopic. Hebatnya lagi, motor berpenggerak roda belakang ini mampu menaklukkan tanjakan yang memiliki sudut kemiringan 15 derajat.

Gelis 300 akan tersedia dalam empat varian, yaitu Gelis Light Metal, Gelis Retro, dan Gelis Cargo dengan harga mulai dari Rp20 juta. Sementara itu Gelis Garb varian keempa, harga mulai dari Rp 21 juta.

Dipl.-Ing. Budi Prasetyo, pimpinan PT SPI mengatakan, kendaraan ini mudah digunakan, serta tidak membutuhkan perawatan khusus. Perusahaan yang dipimpinnya, ingin membuat pedagang UMKM lebih maju dalam berusaha.

“Dengan Gelis, mereka tidak perlu lagi mendorong gerobak dengan tenaga sendiri. Dengan begitu, pekerjaan jadi lebih efisien, dan para pekerja UMKM mampu meningkatkan taraf ekonominya," terangnya.

Tahap awal, PT. SPI mampu memproduksi 10 unit per hari di pabrik di kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Kapasitas produksi ini akan terus dikembangkan seiring bertumbuhnya jumlah permintaan pasar.

Baca Juga: Suzuki Bikin Motor Listrik, Akan Diluncurkan Tahun Depan

Konsumen dapat memesan kendaraan ini sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka dalam menjalankan bisnisnya. Oiya, Gelis ini hampir sebagian besar komponennya dibuat di dalam negeri, seperti baterai, sasis, bodi, serta beberapa perangkat kendali.