POPULAR STORIES

Intip Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika

Intip Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika Rencana pembangunan sirkuti Mandalika

KabarOto.com - Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah MotoGP 2021 mendatang. Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok Nusa Tenggara Barat menjadi tempat diselengarakannya balapan motor bergengsi di dunia tersebut.

Lalu sampai sejauh mana pengerjaan sirkuit Mandalika, apakah bakal rampung sesuai dengan waktu yang ditentukan? Karena, dari situs MotoGP, tahun 2021 seri ke-15 akan berlangsung di Mandalika.

Baca Juga: Target Selesai Pertengahan 2021, ITDC Kebut Pembangunan Sirkuit Mandalika

"Persiapan konstruksi jalan terus kita kerjakan. Untuk update jelasnya ada di Youtube channel kita ya," jelas Kepala Operasi Olahraga Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Dyan Dilato. Mereka juga mengupload di youtube perkembangan pembangunan sirkuit ini setiap dua pekan.

Perkembangan pembangunan Mandalika sirkuit (Foto: Istimewa)

Dari hasil pantauan KabarOto di Youtube channel Agus Harianto, pengerjaan terlihat sedang dikebut. Proses terlihat menyelesaikan beberapa tahapan, sesuai dengan regulasi yang ditentukan oleh Federasi Balap Motor Dunia (FIM), dan Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP.

Tahapan-tahapan tersebut di antaranya penggalian lintasan utama sedalam 1 meter sepanjang 4,31 km, pembuatan service road di kanan dan kiri, pengerasan tanah agar tidak ambles dan bergelombang. Selain itu juga pengerjaan rembesan air di kanan dan kiri lintasan.

Tahapan selanjutnya pengaspalan dengan aspal utama, aspal bahu, aspal sub track dan aspal tanggul. Pengerjaan sudah dilakukan pengerasan tanah sampai ke tikungan ke-17.

Vidio tersebut dalam narasinya juga menjelaskan, ada kendala di tikungan kedua, sehingga belum digarap. Ada area yang masih dalam tahap negosiasi untuk pembebasan lahan. Kesiapan lain yang tak kalah penting adalah terowongan, sudah digali sampai kedalaman 7 meter. Fungsinya untuk lalu lalang logistik, penonton yang akan masuk ke area tengah dan lainnya. Sehingga tidak mengganggu jalanya balapan.

Meski sempat terhambat karena Pandemik Covid-19, namun setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar sudah mulai di longgarkan, pengerjaan dikebut kembali. "Sempat ada kendala ya, Pandemik, yang terjadi di semua negara, tapi kami kembali lanjutkan," terangnya kepada KabarOto, Senin (7/9).

Lalu bagaimana dengan kesiapan infrastruktur pendukung seperti hotel dan akses jalan? Dyan juga memastikan jika hotel-hotel sudah sedang dalam persiapan. Rumah warga pun akan diberdayakan untuk menjadi penginapan atau yang lebih dikenal dengan home stay.

"Kami juga kerjasama dengan Pelni untuk membuat hotel terapung, di kapal ada kamar-kamar yang bisa disewa," terangnya. Belum lagi ada camp-camp yang menyediakan tenda untuk pengunjung yang ingin menekan bujet. "Jadi kami hadirkan dari penginapan yang berbiaya rendah sampai mewah," terang Dyan lagi.

Mereka juga bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan juga Kementerian Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum. Agar menghadirkan sirkuit dengan berbagai fasilitas untuk para pengunjung dari dalam dan luar negeri.

Baca Juga: MotoGP Mandalika 2021, Diyakini Bantu Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19

Setelah sirkuit ini jadi, nantinya selain MotoGP yang berlangsung pada 2021, juga ada WSBK dan Formula 1 yang rencananya akan hadir di sirkuit Mandalika. Dyan mengatakan, setiap tahun tentu banyak kegiatan baik balap motor dan juga mobil di sirkuit ini. "Pastinya ada kerjasama dengan promotor-promotor," terangnya.