Jaguar E-Type Series 3, Patut Dilestarikan

Jaguar E-Type Series 3, Patut Dilestarikan

KabarOto.com - Bagi para kalangan kolektor, Jaguar E-Type menjadi salah satu warisan yang harus tetap dijaga kelestariannya. Sebab mobil buatan tahun 1961-1975 terbilang langka, apalagi kali ini yang direstorasi adalah Jaguar E-Type Series 3, bermesin V12.

Merupakan hasil rumah desain E-Type UK, merancang dari bahan Jaguar E-Type Series 3 yang tak disebutkan tahun produksinya. Namun bila mengetahuinya, Series 3 kal itu merupakan lansiran 1971-1974.

Baca juga: Jaguar E-Type Ini Ditemukan Tak Jalan Sejak 1979



Tak diketahui kondisi donor E-Type Series 3 ini, para ahli di E-Type UK menata apik kembali sasis dan membuat ulang detail melibatkan para ahli. Pengerjaan memakan waktu total hingga 4.000 jam.

Oh iya, E-Type UK mematok jasa pengerjaan dan termasuk bahan mobil senilai £325.000 atau setara Rp 6,5 miliar. Belum termasuk keinginan konsumen bila ingin ubahan dan detail komponen spesial.



Perihal mesin 12 silinder disempurnakan lagi dari standarnya 5.300 cc ditambah diameter pistonnya menjadi ada tambahan 800 cc, total 6.100 cc. Pipa gas buang dilapisi keramik agar suara freeflow terdengar lebih merdu ketika digeber.

Berkat ubahan kapasitas silinder dan E-Type UK suguhkan semburan injeksi elektronik, memungkinkan tenaga bisa meletup 405 dk dari sebelumnya saat masih baru 272 dk. Meneruskan performa ke roda belakang, gunakan transmisi manual lima percepatan.



Makin kencangnya mobil, tentu E-Type UK sudah mempersiapkan peranti deselerasi yang mumpuni, yakni kaliper rem 4-piston mengawal cakram ventilasi dan selang rem dianyam. Sehingga pengereman bisa lebih pakem.

Mobil yang diberi nama "Unleashed" ini juga sudah siap menghadapi beringasnya pengendara menguras tenaga mesin 12 silinder racikan E-Type UK. Di balik kap sudah ada radiator besar berbahan alumunium, pendingin oli dan kipas pendingin dikontrol oleh ECU agar suhu di ruang mesin tetap adem. Ada sirip pula yang dapat difungsikan sebagai pendinginan mesin.



Tongkrongan Series 3 E-Type ini juga tak ingin kalah dengan mobil modern. Seperti pelek 16 inci yang berpadu dengan rem kompetisi. Membuat mobil terlihat ceper dan melebar. Lampu depan terapkan teknologi LED dan dipermanis Daytime Running Light.



Nah, untuk tatanan interiornya, banyak detail yang harus dilengkapi agar E-Type Series 3 ini sempurna. Mulai dari bahan soft touch untuk di kokpit dan penumpang.

Baca juga: 12 Unit Jaguar E-Type 60 Collection, Dijual Sepasang



Jok dari perpaduan kulit agar hadirkan kenyamanan selama berkendara. Sudah ada pemanas jok bila berkendara di musim dingin. Di dasbor ditemui kelir piano black dan dipadu konsol tengah berbahan alumunium. Di belakang lingkar kemudi ada pengukur dipermanis krom dan kemilau LED.

Berita Terkait

Berita Terkait