POPULAR STORIES

Jalan Tol Yang Diresmikan Sepanjang Tahun 2019

Jalan Tol yang Diresmikan Sepanjang Tahun 2019 Ilustrasi jalan tol (PUPR)

KabarOto.com - Pemerintah Indonesia, kembali menggeber pembangunan infrastruktur di sepanjang tahun 2019, termasuk jalan tol. Presiden Joko Widodo menilai, bahwa pembangunan jalan tol penting untuk memperlancar mobilitas masyarakat, mempermudah arus barang, dan meningkatkan ekonomi.

Tahun ini, Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi telah meresmikan beberapa ruas tol yang pembangunannya telah selesai, sehingga dapat langsung dinikmati masyarakat. Berikut jalan tol yang telah diresmikan sepanjang tahun 2019:

1. Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

Mempersingkat waktu tempuh dari 5 jam menjadi 2,5 jam

Setelah diresmikan Presiden Jokowi pada Jumat (8/3), Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar menyandang predikat sebagai yang terpanjang di Indonesia, karena memiliki panjang 140,9 kilometer. Sebelumnya, gelar jalan bebas hambatan terpanjang, dipegang Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang membentang 116,75 kilometer.

Baca Juga: Deretan Mobil Eropa Yang Diluncurkan Pada Tahun 2019

2. Tol Pasuruan-Probolinggo

Mendukung arus mudik lebaran 2019

Pemerintah akhirnya meresmikan jalan Tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) Seksi I-III pada Rabu (10/4). Ruas jalan tol yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa tersebut, diresmikan langsung Presiden Joko Widodo, dengan mengambil tempat di gerbang tol Probolinggo Timur.

Ketiga ruas jalan tol tersebut yakni, Seksi I Grati Pasuruan - Tongas (13,5 km), Seksi II Tongas - Probolinggo Barat (6,9 km) dan Seksi III Probolinggo Barat - Probolinggo Timur (10,9 km) dengan total panjang 31,3 Km.

Diresmikannya Tol Paspro Seksi I-III ini, maka jalan Tol Trans Jawa yang telah terhubung saat ini menjadi 962 km. Mulai Merak, Jawa Barat hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

3. Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung

Tol terpanjang di Indonesia

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung pada Jumat (15/11). Memiliki panjang 189 kilometer, Tol ini menyandang tol terpanjang di Indonesia. Sebelumnya, status tol terpanjang di Indonesia dipegang tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,94 kilometer.

Selanjutnya, Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan jalan tol Trans Sumatera sepanjang 2.974 km, dari Lampung hingga Aceh dan ditargetkan akan selesai pada tahun 2024.

Baca juga: Inilah 5 Mobil Yang Bikin Heboh Sepanjang 2019