Inilah 5 Mobil Yang Bikin Heboh Sepanjang 2019

Inilah 5 Mobil yang Bikin Heboh Sepanjang 2019 Suzuki Jimny (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Industri otomotif terus berkembang, selama tahun 2019 pabrikan juga tak henti-hentinya meluncurkan kendaraan baru. Tidak hanya baru, beberapa kendaraan roda empat juga heboh jadi perbincangan. Kerennya, tak sedikit masyarakat Indonesia yang menaruh minat pada mobil ini.

Nah, ini dia 5 mobil paling heboh sepanjang tahun 2019 lansiran KabarOto:

1. Toyota GR Supra

Diperkenalkan tahun 2019 pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, legenda sportcar Toyota GR Supra Generasi ke-5 meluncur di Indonesia. Saat itu, ada dua warna yang diperkenalkan yaitu merah dan abu-abu.

Mobil ini memiliki tiga elemen kunci stabilitas kendaraan, yaitu jarak sumbu roda (wheelbase), tapak (tread), dan pusat gravitasi (center of gravity). Keseimbangan tiga elemen inilah yang bisa menjamin sportcar lansiran Toyota tetap stabil dalam berbagai kondisi jalan, terutama saat melewati tikungan.

Toyota GR Supra dibanderol Rp 1,995 miliar (OTR DKI Jakarta). Sayangnya, menurut pihak Toyota tingginya permintaan terhadap mobil ini di pasar global masih sangat tinggi, sehingga kuota untuk pasar Indonesia sangat terbatas.

Baca Juga: Profil - Toyota GR Supra

2. Wuling Almaz

Masih di ajang GIIAS 2019, pabrikan dari Cina mengenalkan mobil yang sebelumnya sudah ada namun dengan fitur terbaru. Wuling mengenalkan SUV Almaz 7-penumpang dengan tambahan fitur WIND (Wuling Indonesian Command). Fitur voice command bukanlah hal baru, namun yang membuat fitur ini keren yaitu penggunaan bahasa Indonesia.

Yup, fitur WIND dapat dioperasikan menggunakan bahasa Indonesia, dimana mobil lain masih berbasis bahasa Inggris. Hadirnya fitur perintah suara berbahasa Indonesia ini merupakan pertama dan satu-satunya yang diterapkan pada kendaraan.

Baca Juga: Seperti Apa Fitur WIND Di Wuling Almaz?

Voice command interaktif ini memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan berbagai fitur kendaraan, seperti pendingin udara, jendela, panoramic sunroof, akses fitur hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi misalnya Wuling Link ataupun TPMS, memperbesar atau mengecilkan volume, serta menanyakan tanggal dan waktu saat ini.

Untuk mengaktifkan fitur WIND, Sobat KabarOto cukup dengan memanggil atau menyebut "Halo Wuling", maka WIND akan langsung merespon panggilan. Kemudian bisa dilanjutkan dengan memberi perintah.

Baca Juga: Wuling Almaz Dengan Fitur WIND Dan Pilihan 7-Penumpang Meluncur Di Surabaya

Salah satunya dengan mengatakan "tanggal berapakah hari ini" maka WIND akan dengan akurat menjawab atau melakukan perintah atau pertanyaan Sobat KabarOto.

Selain fitur WIND, Wuling Almaz juga didukung dengan sejumlah fitur modern lainnya, seperti panoramic sunroof, start-stop button, keyless remote, keyless entry, sound system keluaran Infinity by Harman, hingga 360 derajat camera.

3. Suzuki Jimny

Mobil asal Jepang ini namanya sudah tidak asing lagi, mobil 4x4 keluaran Suzuki sudah menjadi kecintaan penggemar off-road sejak puluhan tahun lalu. Sempat mejeng di berbagai pameran otomotif, akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan secara resmi pada GIIAS 2019.

Peluncuran mobil ini sudah dinantikan pencinta offroad 4x4 ini sebagai penanda bahwa inovasi yang dibuat Suzuki untuk Jimny lebih eksklusif dan tangguh baik dari sisi performa, fitur dan tampilan.

Baca Juga: All New Suzuki Jimny 2019 Ternyata Friendly Untuk Wanita, Sob!

Generasi keempat Jimny dari segi visual tidak banyak berubah dari generasi-generasi sebelumnya, tetapi salah satu variannya sudah dibekali transmisi otomatis. Berbekal transmisi otomatis, mobil ini menjadi lebih mudah digunakan tidak hanya bagi Sobat KabarOto yang menginginkan untuk kegiatan off-road.

Pasalnya, Suzuki Jimny memiliki tubuh mungil dengan dimensi panjang 3.625 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm. Sehingga, cocok juga untuk diajak jalan-jalan.

Suzuki Jimny Dual Tone A/T dibanderol dengan harga Rp 330 juta sementara untuk M/T dijual dengan harga Rp 317,5 juta. Suzuki Jimny Single Tone Rp 328 juta untuk A/T dan Rp 315,5 juta untuk M/T. Saat beberapa diler diberhentikan pemesanannya karena inden mencapai 2-5 tahun.

Baca Juga:

4. BMW i3s

Beralih ke pabrikan Eropa, BMW juga meluncurkan kendaraan baru pada 2019 yang sempat menjadi perbincangan hangat. Setelah dipamerkan pada GIIAS 2017, akhirnya New BMW i3s diluncurkan secara resmi pada GIIAS 2019. Tidak hanya menjadi sportcar pada umumnya, BMW mengaplikasikan mesin listrik sebagai penggeraknya.

New BMW i3s juga nampak berbeda dari BMW i3, dengan ta,mbahan lebar hingga 40 mm. Mobil ini menggunakan pelek alloy 20 inci dengan desain double spoke, dimana ukurannya lebih lebar 20 mm berbanding versi sebelumnya.

Baca Juga: BMW I3s Bakal Jadi Lead Car Di Ajang Maybank Marathon 2019

Berbicara soal mesinnya, mobil ini akan berjalan tanpa suara dengan emisi lokal nol. New BMW i3s dilengkapi motor listrik 184 dk yang mampu menghasilkan torsi puncak 270 Nm. New BMW i3s memerlukan hanya 6.9 detik untuk melesat dari 100 km/jam.

Sistem penggeraknya juga diperbaharui mencakup kontrol motor yang dimodifikasi dan bearing khusus. Sehingga, mampu mengoptimalkan pengiriman daya dan kurva kinerja pada rpm yang lebih tinggi.

5. Mercedes-Benz G 63 AMG

Merek otomotif Eropa lainnya yang berhasil mencuri perhatian adalah Mercedes-Benz. Ikut mejeng di ajang GIIAS 2019, salah satu produknya berhasil mencuri perhatian. Dipajang eksklusif di sudut booth, mobil ini semakin eksklusif karena tidak terkena lalu lalang pengunjung.

Mercedes-Benz AMG G63 menjadi ikon unik selama GIIAS 2019 berlangsung, karena kemunculannya juga sekaligus merayakan hari jadi ke 40 G-Class. Mobil ini memiliki ukuran dimensi panjang 4.873 mm, lebar 1.984 mm, dan tinggi 1.966 mm. AMG G63 mampu menampung beban hingga 640 kg loh.

Berbicara soal mesin, tiap mobil Mercedes-Benz AMG G63 dirakit oleh satu tangan loh Sob. Jika membuka kap mobilnya Sobat KabarOto dapat melihat sebuah tanda tangan beserta nama pembuatnya. Keren abis!

Baca Juga: Profil - Mercedes-Benz AMG G63

Mercedes-Benz AMG G63 dibekali mesin 8V silinder dengan kapasitas 3.982 cc yang mampu menyemburkan tenaga 585 dk pada 6.000 rpm. Dan torsi 850 pada 2.500-3.500 rpm. Tenaganya disalurkan melalui transmisi otomatis AMG Speedshift 9G-tronic.

Mobil ini dipasarkan dengan beragam pilihan warna Sob. Mulai dari Non metalik, metalik, hingga desain metalik. Untuk masing-masing jenis juga memiliki pilihan warna yang berbeda. Untuk non metalik hanya tersedia dua warna yaitu black dan polar white.

Sedangkan warna metalik lebih beragam, seperti Magnette black, Obsidian black, Rubellite red, Iridium silver, Mojave silver, Canvasite blue, Brilliant blue, Emerald green, dan Selenite grey.