POPULAR STORIES

Jalur Penyelamat Bukan Tempat Nongkrong, Ini Fungsinya!

Jalur Penyelamat Bukan Tempat Nongkrong, Ini Fungsinya! Foto : Ilustrasi jalur penyelamat

KabarOto.com – Beberapa waktu lalu, sejumlah bikers berkumpul di sebuah jalur penyelamat. Meskipun tidak diketahui kapan tepatnya kejadian itu terjadi, namun bisa dipastikan lokasinya berada di wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Momen tersebut diposting oleh pemilik akun Instagram @brorondm yang menunjukkan rombongan bikers sedang melakukan kopdar (kopi darat) di sebuah jalur penyelamat. Kejadian tersebut pun sempat viral di dunia maya.

Meskipun tidak diketahui pasti terkait motif rombongan pemotor tersebut. Namun, yang pasti hal tersebut sangat berbahaya.

Baca juga: Pegal Naik Motor Fairing? Ini Tipsnya

Sebagai informasi, jalur penyelamat atau emergency safety merupakan area yang biasa ditemui ketika pengendara melintasi jalanan yang menurun panjang. Biasanya, area ini wajib dibuat di jalan tol maupun jalan non tol.

Sumber foto : Instagram @brorondm

Menurut Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), jalur penyelamat adalah area yang berfungsi sebagai peredam laju kendaraan kecil maupun besar, dengan konturnya sengaja dibuat kasar dan bergelombang. Tujuannya supaya dapat menjebak atau mengunci laju kendaraan saat terjadi masalah rem blong atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca juga: Tips Hindari Waterspot Di Kaca Mobil Sobat

Rata-rata ketinggian jalur penyelamatan sendiri sekitar enam meter, dengan panjang dua puluh meter, dan lebar tiga meter, dan terletak di bagian sebelah kiri jalan. Jalur penyelamat ini harus benar-benar bersih dan bebas dari objek diam, contohnya seperti mobil atau motor yang terparkir.

"Bagi para pengendara yang melintas dilarang untuk sengaja berhenti di lajur (jalur penyelamat) tersebut apabila tidak dalam kondisi darurat. Hal ini akan sangat membahayakan dan mengganggu pengendara lain yang mungkin membutuhkan lajur penyelamat tersebut saat situasi darurat," tulis BPJT.

Nah, Sob! Sudah paham kan kenapa jalur penyelamat dibuat sedemikian rupa. Sebaiknya, kalau mau melakukan kopdar atau sekedar istirahat, cari tempat yang aman, nyaman dan tidak mengganggu orang lain.