POPULAR STORIES

Jangan Biarkan Mobil Lama Di Garasi, Lakukan Hal Ini

Jangan Biarkan Mobil Lama di Garasi, Lakukan Hal Ini Mobil terparkir di garasi

KabarOto.com - Meski mudik lebaran sudah berakhir, namun Pemerintah masih menyarankan masyarakat untuk tetap di rumah saja. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus corona yang selalu meningkat saat libur hari besar.

Namun, Anda jangan membiarkan mobil di garasi rumah, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar kendaraan tetap nyaman digunakan. Asst to 4W, 2W & Marine Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales, Hariadi, membeberkan beberapa hal sederhana sederhana namun penting yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel.

Baca Juga: Tips Parkir Untuk Pengemudi Pemula, Perhatikan 4 Hal Berikut

1. Rutin Membersihkan Mobil
Membersihkan bagian ini sangat penting dilakukan, agar saat digunakan kondisinya bersih dan nyaman. Mencuci mobil minimal dua minggu satu kali, mengeluarkan barang-barang yang tidak digunakan dan menjaga sampah jangan sampai berserakan.

Gunakan sabun cuci khusus mobil saat mencuci dan gunakan lap yang halus agar tidak merusak cat, serta hindari mencuci mobil di bawah terik sinar matahari karena dapat merusak cat mobil.

2. Rutin Memanaskan Mesin Mobil
Meski tidak digunakan, ke luar rumah namun mesin mobil perlu sesekali dipanaskan, agar oli dapat bersirkulasi dengan baik. Namun, karena mobil saat ini sudah dilengkapi dengan ECU yang dapat mengoptimalisasi kerja mesin, mobil tidak perlu dipanaskan setiap hari. Minimal dua kali sehari selama 5-10 menit.



3. Pengecekan Komponen Mobil
Saat memanaskan mesin, jangan lupa dicek apakah ada masalah pada indikator komponen ada yang menyala di Multi-Information Display (MID). Selain itu, lakukan pemeriksaan komponen lain secara manual seperti air radiator, volume air wiper pada tangki cadangan, volume minyak rem, kondisi ban, lampu kendaraan, dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

Informasi lengkap soal kondisi kendaraan melalui meter cluster



4. Bawa Mobil Berkendara
Jangan dibiarkan mobil terparkir lama di garasi mobil, sesekali perlu dibawa berkendara minimal 10 menit, dua sampai tiga hari sekali dalam seminggu. Agar aki dapat terisi dengan maksimal.

Baca Juga: Setelah Mudik, Jangan Lupa Bersihkan Kabin, Ini Tipsnya!

Aki yang berkualitas dan terawat memiliki daya simpan tenaga listrik yang lebih baik, dapat menghindari soak yang bisa merusak program ECU, serta menjaga bagian kontrol sistem elektronik tidak terkunci yang dapat menyebabkan mobil sulit distarter.