Jangan Memanaskan Mobil Terlalu Lama, Ini Bahayanya Sob!

Jangan Memanaskan Mobil Terlalu Lama, Ini Bahayanya Sob!

KabarOto.com – Banyak orang salah kaprah soal memanaskan mobil sebelum digunakan. Beberapa orang khawatir jika mobil tidak dipanaskan terlebih dahulu, performa mesin tidak maksimal.

Sebenarnya, dalam memanaskan mobil tidak perlu terlalu lama, bahkan jangan sampai lebih dari satu menit. Sebab, memanaskan mobil terlalu lama bisa menyebabkan dampak buruk bagi lingkungan dan manusia.

Nah, berikut adalah dampak buruk akibat memanaskan mobil terlalu lama :

Baca juga: Ingin Beli Mobil Tua? Ini Tips Pentingnya

1. Bahan bakar terbuang sia-sia

Memanaskan mobil terlalu lama menyebabkan bahan bakar terbuang sia-sia. Padahal, penggunaan secara berlebihan dapat menghasilkan kualitas udara yang buruk.

2. Perubahan Iklim

Perubahan iklim merupakan perubahan signifikan yang terjadi pada suhu, curah hujan, dan angin yang berlangsung dalam waktu yang lama, bias dalam satu dekade atau lebih. Penyebab perubahan iklim bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya penggunaan BBM yang berlebihan.

Baca juga: Musim Hujan, Ini Tips Pilih Sarung Mobil Yang Baik Dan Benar

3. Kesehatan

Dampak buruk akibat memanaskan mobil terlalu lama juga bisa mengganggu kesehatan. Sebab, gas yang dibuang dari kendaraan mengandung zt karbon dioksida (CO2) yang dapat mengganggu pernapasan manusia.

Jangan memanaskan mobil di ruang tertutup, karena bisa membahayakan kesehatan manusia yang ada di dalam ruangan tersebut.

4. Kerusakan komponen mobil

Selain faktor kesehatan dan lingkungan, dampak buruk dari memanaskan kendaraan terlalu lama juga berakibat pada kerusakan komponen mobil seperti catalytic converter, apabila terlalu panas dapat memicu kebakaran jika berada dekat di bahan-bahan yang mudah terbakar.

Selain itu, busi akan cepat kotor sehingga konsumsi bahan bkar menjadi boros dan pipa knalpot cepat berkarat akibat mengeluarkan uap air yang terlalu banyak.