POPULAR STORIES

Jangan Ngebut, Speed Camera Terpasang Di Jalan Solo-Jogja

Jangan Ngebut, Speed Camera Terpasang di Jalan Solo-Jogja Ilustrasi kamera cctv

KabarOto.com - Sobat KabarOto yang tinggal di Jawa Barat dan DKI Jakarta mungkin sudah tidak asing dengan alat speed camera. Kalau kita melewati jalan tol Japek II elevated, di beberapa titik akan menemukan papan bertuliskan kecepatan dipantau oleh CCTV.

Baca Juga: Ini Yang Harus Diperhatikan Di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II

Speed camera inilah yang digunakan untuk memantau laju kecepatan kendaraan. Cara kerjanya kurang lebih sama seperti Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), kendaraan yang terpantau melebihi batas kecepatan akan terekam secara otomatis di database.

Nantinya kendaraan yang plat nomornya tercatat akan dikirim surat tilang ke alamat pemilik nopol tersebut. Sistem tersebut juga akan diberlakukan di Jawa Tengah, speed camera terintegrasi dengan Regional Traffic Management Center (RTMC) Polda Jawa Tengah.

Baca Juga: Dari Tertangkap Kamera Hingga Pembayaran, Begini Alur Tilang ETLE

"Kami akan pakai speed camera untuk mendeteksi kendaraan yang melaju di atas 80 kpj. Kami pasang di Jalan Solo-Jogja yang selama ini memiliki trek lurus dan rawan kecelakaan," jelas Kasatlantas Polres Klaten, AKP Adhytiawarman.

Saat ini Polda Jawa Tengah sudah memasag speed camera di beberapa titik, sebagai berikut:
1. Jl Nasional 1 Krincing, Batang
2. Jl Siliwangi No. 486-488 Kalibanteng Kulon, Semarang
3. Jl Nasional 16 Banyudono, Boyolali
4. Jl Jogja-Solo No.17 Sumber Lor, Klaten
5. Jl Adi Sucipto Solo No. 33, Karanganyar
6. Jl Wonogiri-Sukoharjo No.16 Gunungwujil, Wonogiri
7. Jl Maospati-Solo Dusun II Karang Malang, Sragen

Baca Juga: Kebumen Resmi Terapkan Tilang ETLE

"Alat yang terintegrasi dengan elektronik harus rutin perawatannya, karena ke depan jangkuan alat ini akan diperluas. Ditlantas akan terus berinovasi demi kenyamanan dan keamanan berkendara," papar AKP Panji Gede P S.H, S.I.K selaku Kepala Seksi Pelanggaran Subdit Gakkum.

Saat ini pemasangan speed camera masih dalam tahap sosialisasi, penerapan tilang resminya akan dimulai April mendatang. Hal tersebut dipertegas oleh Kasatlantas Polres Klaten, AKP Adhytiawarman.