POPULAR STORIES

Jasa Marga Catat Rekor Layani Volume Lalin Tertinggi Saat Arus Balik Mudik 2019

Jasa Marga Catat Rekor Layani Volume Lalin Tertinggi Saat Arus Balik Mudik 2019 Antrean kendaraan di gerbang tol (JM)

KabarOto.com - Saat arus balik Lebaran 2019, PT Jasa Marga mencatat rekor tertinggi dalam hal melayani volume lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yang menjadi volume lalu lintas tertinggi di sepanjang sejarah jalan tol di Indonesia.

Pada H+3 Lebaran yang jatuh pada hari Minggu, 9 Juni 2019, sebanyak 166.574 kendaraan kembali ke Jakarta dari arah Timur (Surabaya, Solo, Semarang, Cirebon dan Bandung), jumlah ini meningkat hampir tiga kali lipat dari volume lalulintas harian rata-rata (LHR) normal sebanyak 67.345 kendaraan.

Baca Juga: Diskon Tarif Tol Pada Periode Arus Balik Mudik, Mulai Berlaku Hari Ini

Angka ini memecahkan rekor sebelumnya, pada periode yang sama di tahun 2018. Tahun lalu, Jasa Marga juga mencatat rekor tertinggi melayani volume lalu lintas saat arus balik Lebaran 2018, yaitu sebanyak 130.125 kendaraan arah ke Jakarta melintas melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

Arus pemudik dari arah Timur merupakan penyumbang terbesar lalu lintas arus balik di dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan GT Kalihurip Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Seluruh ruas jalan tol dipenuhi pemudik

GT Cikampek Utama sendiri, pada hari minggu telah dilewati 109.296 kendaraan, naik sebesar 309% dari LHR normal 26.705 kendaraan. Sedangkan GT Kalihurip Utama, dengan jumlah 57.278 kendaraan, naik sebesar 41% dari LHR normal 40.640 kendaraan

Corporate Secretary M. Agus Setiawan menjelaskan untuk melayani pengguna jalan dengan maksimal, Jasa Marga mengoperasikan total gardu operasi hingga empat kali lipat dari kondisi lalu lintas normal.

"Kami memaksimalkan kapasitas gerbang tol untuk melayani peningkatan volume lalu lintas, sebagai contohnya adalah 33 lajur transaksi serta 29 mobile reader yang dioperasikan secara tandem di GT Cikampek Utama dan 25 lajur transaksi serta 29 mobile reader yang dioperasikan secara tandem di G Kalihurip Utama," jelas Agus.

Kepala Korlantas Polri Inspektur Jendral Refdi Andri menilai, hari Minggu kemarin memang merupakan puncak arus balik. Namun kendaraan pemudik masih akan kembali secara bertahap ke Jakarta hingga Rabu.

Baca Juga: Mantap! Angka Kecelakaan Pemudik 2019 Turun 64%

Lebih lanjut Refdi mengatakan, bahwa jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta untuk mudik sekitar 1,5 juta unit. Kendaraan tersebut meninggalkan Jakarta secara bertahap selama enam hari sejak 30 Mei 2019.

"Keberhasilan Jasa Marga dalam melayani arus balik lalu lintas yang tinggi pada H+3 Lebaran tidak lepas dari sinergi bersama dengan Kepolisian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta stakeholder terkait lainnya," pungkas Agus.