POPULAR STORIES

Jelang Libur Nataru, 3 Ruas Tol Di Kalimantan Bakal Diresmikan

Jelang Libur Nataru, 3 Ruas Tol di Kalimantan Bakal Diresmikan Kementrian PUPR

KabarOto.com - Memasuki bulan Desember mungkin Sobat KabarOto sudah banyak yang merencanakan perjalanan liburan. Jelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) beberapa jalan tol di berbagai daerah juga diresmikan. Salah satunya di luar pulau Jawa tepatnya di Ibu Kota Negara.

Saat ini Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,35 km kontruksinya sudah mencapai 97%. Seluruh pembangunan memiliki 5 seksi, namun jelang libur Natal dan Tahun Baru 2020 hanya 3 seksi yang akan diresmikan. Tiga seksi tersebut yaitu 2, 3, dan 4. Ketiga seksi tersebut memiliki panjang 66 km yang menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Baca Juga: Siap Hadapi Liburan Akhir Tahun, Pemerintah Resmikan 2 Tol Baru Pekan Depan

"Waktu peresmian diperkirakan pada minggu ke-2, tinggal menunggu jadwal Bapak Presiden," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sebelumnya, Basuki juga meninjau progres konstruksi seksi 1 dan 5 Jalan Tol Balsam pada (04/12) dari Balikpapan hingga Samarinda. Bagian ini merupakan porsi Pemerintah, sayangnya terdapat masalah teknis terkait pergerakan tanah sehingga dibutuhkan teknik konstruksi khusus.

"Seksi 5 saat ini sudah ada keputusan penanganannya, minggu ini akan dibahas desain akhirnya dengan second opinion dari tenaga ahli kami untuk bisa dikerjakan tindak lanjutnya," terang Basuki.

Jalan Tol Balsam terdiri dari 5 seksi, yaitu:

Seksi I ruas Balikpapan-Samboja sepanjang 22,03 km
Seksi II ruas Samboja-Muara Jawa sepanjang 30,98 km
Seksi III ruas Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,5 km
Seksi IV ruas Palaran-Samarinda sepanjang 17,95 km
Seksi V ruas Balikpapan-Sepinggan sepanjang 11,09 km

Seksi 1 mendapat dukungan APBD, desain penanganannya sudah diserahkan dari konsultan. Sehingga secara keseluruhan, Jalan Tol Balsam ditargetkan dapat beroperasi penuh sebelum Lebaran 2020.

Jika sesuai rencana, adanya jalan tol ini akan memangkas biaya logistik barang dan jasa, dimana waktu tempuh antara Balikpapan-Samarinda yang sebelumnya 3 jam menjadi 1 jam saja.

Tidak hanya soal logistik, jalan tol ini juga menjadi akses penghubung Bandara International Sultan Aji Muhamad Sulaiman. Sehingga, Sobat KabarOto yang ingin menuju bandara ini dapat menempuh waktu 15-20 menit saja melalui Seksi V ruas Balikpapan-Sepinggan yang jaraknya hanya 8 km dari bandara.

Baca Juga: Tak Semua Kendaraan Bisa Lewat Tol Japek II, Kecepatan Juga Dibatasi