POPULAR STORIES

Jok Baris Kedua Bermasalah, 500 Unit Range Rover Ditarik Kembali

Jok Baris Kedua Bermasalah, 500 Unit Range Rover Ditarik Kembali Range Rover 2023 (Foto: JLR)

KabarOto.com - Range Rover yang dipasarkan di Amerika Serikat terpaksa ditarik kembali. Tercatat ada 500 unit mobil yang diproduksi antara 11 Februari-10 Juni 2022.

Jaguar Land Rover menjelaskan bahwa rangka jok baris kedua tidak mendapatkan pengelasan yang maksimal. Hal ini menyebabkan jok ini tidak terpasang dengan baik. Sebagai informasi, Range Rover memiliki kapasitas 7 penumpang.

Baca Juga: Mansory Dandani New Land Rover Range Rover Begini Jadinya

Jika terjadi tabrakan atau selama manuver pengereman mendadak saat jok baris kedua ditempati, dan penumpang tidak menggunakan sabuk pengaman yang dipasang di badan, jok akan bergerak maju dan naik, sehingga meningkatkan risiko cedera pada penumpang. Baik penumpang baris pertama maupun kedua.

Penarikan ini akibat kerusakan pada jok baris kedua

Pengujian ketahanan verifikasi produksi Jaguar Land Rover pertama kali mengidentifikasi masalah tersebut pada September tahun lalu. Meskipun pabrikan mobil belum mendapatkan laporan adanya kecelakaan, cedera, atau kebakaran akibat masalah tersebut, juga belum menerima klaim garansi atau laporan lapangan, namun tetap mengeluarkan penarikan kembali.

Baca Juga: Aneh, Land Rover Recall New Range Rover Tapi Hanya Satu

Diler akan diberitahu tentang penarikan kembali pada 20 April, sementara Jaguar Land Rover akan memberi tahu pemilik pada atau sebelum 2 Juni. Pemilik mobil akan diinstruksikan untuk membawa kendaraan mereka ke diler, di mana kait dasar kursi belakang akan diperiksa dan jika ditemukan rusak, rangka jok belakang 60% dan komponen terkait akan diganti secara gratis.

Penerbitan penarikan ini terjadi hanya beberapa minggu setelah JLR mengumumkan penarikan terpisah untuk Range Rover 2023 di Amerika Serikat. Dalam hal ini, pabrikan mobil tersebut mengungkapkan bahwa SUV tersebut memiliki paking yang hilang dari pipa pembuangan oli turbocharger-nya. Cacat ini bisa bocor ke oli dan menimbulkan risiko kebakaran.