POPULAR STORIES

Jokowi Resmikan Tiga Ruas Tol Trans Jawa Di Jawa Tengah

Jokowi Resmikan Tiga Ruas Tol Trans Jawa di Jawa Tengah Peresmian 3 ruas tol Trans Jawa

KabarOto.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan tiga ruas jalan tol Trans Jawa yang berada di wilayah Jawa Tengah. Adapun ketiga ruas tersebut antara lain ruas Pemalang-Batang 34 km, Batang-Semarang 73 km, dan Salatiga-Kertasura 33 km. Setelah sebelumnya di Kamis pagi, empat ruas di Jawa Timur sudah diresmikan. Peresmian tersebut berlangsung di Jembatan Kali Kuto, yang merupakan ikon Jalan Tol Batang-Semarang sekaligus ikon Jalan Tol Trans Jawa.

Peresmian ini menjadikan Jalan Tol Batang-Semarang yang dikelola oleh PT Jasamarga Semarang Batang dan Jalan Tol Semarang-Solo yang dikelola oleh PT Trans Marga Jateng beroperasi sepenuhnya dan menandakan beroperasinya Tol Trans Jawa seutuhnya, setelah sebelumnya Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Wilangan-Kertosono, Jalan Tol Jombang-Mojokerto Segmen Bandar-Kertosono, Jalan Tol Gempol-Pasuruan segmen Pasuruan-Grati dan Jalan Tol Surabaya-Gempol Seksi Relokasi Porong-Gempol, diresmikan dihari yang sama.

Dengan beroperasinya Tol Trans Jawa dari Merak-Grati (Pasuruan) sepanjang 933 Km, diharapkan mendukung mobilitas masyarakat, barang dan jasa di Pulau Jawa menjadi makin mudah dan cepat mengingat tol yang menghubungkan Merak hingga Grati ini dapat ditempuh dalam waktu yang cukup singkat.

Baca juga: Pertamina Siapkan KiosK, Motor Kemasan Dan Mobil Dispenser Di Tol Trans Jawa

Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengatakan dari total 1.150 Km Tol Trans Jawa, sepanjang 933 Km Tol Trans Jawa telah tersambung sepenuhnya dari Merak-Grati (Pasuruan).

"Penyelesaian pembangunan ini melengkapi ruas-ruas jalan tol yang telah dioperasikan pada masa sebelumnya, yakni pada kurun 1978 hingga 2004 sepanjang 242 Km jalan tol, serta pada kurun waktu 2005 hingga 2014 sepanjang 75 Km," ungkap Basuki.

Sementara Jokowi menjelaskan, "Apa yang bisa kita harapkan, yang pertama kita ingin memberikan pilihan-pilihan kepada masyarakat mau lewat Tol Trans Jawa, mau lewat jalan nasional juga silakan. Karena kita ingin dengan dibangunnya jalan ini mobilitas barang, mobilitas logistik, mobilitas orang lebih cepat, lebih mudah dan lebih murah. Kita juga ingin setelah terbangunnya Tol Trans Jawa, bisa terintegrasi dengan kawasan industri, kawasan ekonomi khusus, kawasan wisata," ujarnya.

Selain itu, yang perlu diperhatikan bahwa dengan tersambungnya Tol Trans Jawa akan mendorong investasi masuk, dengan investasi yang masuk, maka lapangan pekerjaan juga akan terbuka sebanyak-banyaknya. Kawasan wisata yg dilewati jalan tol juga bisa dikembangkan lebih baik lagi dan diharapkan memberikan pertumbuhan ekonomi daerah yang baik kepada daerah-daerah yang dilewati jalan tol.

Dengan demikian Jaringan Jalan Tol Trans Jawa mulai dari Merak-Grati (Pasuruan) telah dapat dinikmati oleh para pengguna jalan tol terutama untuk arus mudik dan balik libur Natal tahun 2018 dan tahun baru 2019.

Baca juga: Jokowi Resmikan Tol Trans Jawa, Jakarta-Surabaya Kini Telah Tersambung

Sebagai bagian dari sosialisasi, selama arus mudik balik libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, ketujuh ruas yang diresmikan hari ini, akan diberlakukan tarif pengoperasian Rp 0,- Pengoperasian dengan tarif Rp 0,- ini juga merupakan dukungan Jasa Marga dan Kelompok Usahanya sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengoperasikan lima dari tujuh ruas tol yang diresmikan hari ini untuk mewujudkan arus mudik balik libur akhir tahun yang lebih aman dan lancar.

Kegiatan peresmian Tol Trans Jawa ini juga dimeriahkan dengan kehadiran Pesta Rakyat di Rest Area Km 391 Jalan Tol Batang-Semarang yang dikelola oleh PT Jasamarga Properti.