POPULAR STORIES

Kabar Maserati MC20 Mulai Muncul Goda Publik

Kabar Maserati MC20 Mulai Muncul Goda Publik

KabarOto.com - Supercar terbaru Maserati MC20 sering dikaitkan dengan mobil legendaris Maserati Eldorado dan Sir Stirling Moss. Namun, MC20 kemudian dikaitkan dengan trek legendaris Targa Florio dan mobil yang juga memiliki warisan di masanya, Maserati Tipo 4CL.

Maserati sepertinya ingin memperlihatkan sebagai mobil premium yang sarat dengan nuansa motorsport dan sejarah. Sarat dengan nama besar dan kemashuran. Pabrikan Trisula membawa supercar terbaru itu ke Sisilia, Italia untuk dicoba di rute balapan bersejarah Targa Florio.

Bertepatan dengan perayaan ke-80 kemenangan Maserati empat kali berturut-turut di balapan bergengsi pada masanya itu, tepatnya pada 23 Mei 1940, Pembalap yang mempersembahkan trofi juara bagi Maserati empat kali berturut-turut tersebut adalah Luigi (Gigi) Villoresi dengan Maserati Tipo 4CL.

Baca Juga: Punya Bos Baru, Maserati Berniat Luncurkan Levante Trofeo Di Indonesia

Era jayanya, Targa Florio adalah balapan ketahanan yang bergengsi dan pernah masuk agenda balap kejuaraan dunia. Rute yang ditempuh dulunya ratusan kilometer mengelilingi Sisilia, melewati medan jalan ikonik di pulau tersebut.

Balapan ini dirintis oleh pengusaha kaya sekaligus car enthusiast Vincenzo Florio. Sebelum merintis Targa, Vincenzo pernah melahirkan balapan yang tak kalah bergengsi Coppa Florio di Brescia, Lombardy tahun 1900.

Uji coba supercar terbaru ini bertujuan untuk mengumpulkan data pengujian mobil di ragam kondisi jalan. Informasi-informasi dari hasil pengetesan ini dikumpulkan oleh teknisi yang kemudian dijadikan acuan untuk memprogram setingan terakhir bagi kendaraan. Dengan memanfaatkan nama Targa Florio, amplifikasi yang didapatkan oleh pabrikan Modena di telinga enthusiast akan semakin besar.