Kaca Mobil Berjamur Hingga Baret, Poles Aja Sob

Kaca Mobil Berjamur Hingga Baret, Poles Aja Sob Karyawan Roy Glass Clear Poles sedang melakukan pengecekan (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Ketika kaca mobil memiliki masalah tentunya akan sangat mengganggu. Karena fungsi kaca mobil terutama bagian depan sangat penting. Nah, penyakit kaca seperti jamur atau flek biasanya yang paling sering hinggap nih. Untuk perawatan sebaiknya jangan sembarangan, karena bisa menimbulkan efek lebih rumit lagi.

Biasanya perawatan dengan poles menjadi pilihan para pengguna kendaraan. Pasalnya, hasil yang diberikan bisa membuat kaca jadi kinclong lagi. Apalagi kalau kendaraan yang digunakan penyakitnya cukup kompleks dan sulit untuk dibersihkan sendiri.

Salah satu tempat poles di daerah Ciater, Serpong, bisa jadi pilihan sobat KabarOto nih. Namanya Roy Glass Clear Poles, sudah berdiri sejak 3 tahun lalu. Lokasinya cukup strategis karena berada di pinggir jalan dan cukup mudah ditemukan.

Untuk kondisi kaca seperti jamur, flek, baret bahkan retak bisa dibuat jernih lagi disini. Roy selaku pemilik mengatakan, "Disini garansi kalau nggak kinclong, jadi tenang aja."

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Begini Cara Rawat Karet Wiper

Pengerjaan masing-masing masalah kaca waktunya berbeda. Tergantung dari seberapa parah penyakit yang diderita. Kalau tidak terlalu tebal untuk flek dan jamur, sedangkan tidak terlalu dalam untuk baret kaca, maka pengerjaan bisa lebih cepat. Biasanya sekitar 2 jam.

"Tapi kalau cukup parah minimal 2 jam. Karena prosesnya ada tiga tahap, pertama di amplas, terus di wax pakai mesin, baru finishing," jelas salah satu karyawan.

Kalau penyakitnya tidak terlalu parah tahapan yang dilakukan bisa lompat tanpa harus di amplas dulu. Tetapi Roy Glass Clear Poles tidak menerima pengerjaan untuk bodi mobil. Walau hanya kaca, Roy menyanggupi untuk kaca selain mobil.

"Misalnya untuk kaca rumah atau gedung ya bisa saja. Tapi, kalau gedung yang terlalu tinggi kita nggak bisa, kecuali peralatan safety-nya sudah disiapkan," jelasnya.

Baca Juga: Ini Dia Jurus Simpel Penangkal Jamur Kaca Mobil

Nah, harga yang ditawarkan juga beragam. Masing-masing treatment atau perawatan memiliki harga sendiri, begitupun dengan jenis serta model kendaraannya. Semakin mewah dan besar kendaraan yang dipoles, harganya juga semakin mahal. Alasannya, ukuran serta tingkat kesulitannya juga berbeda.

Untuk mobil kelas ekonomi kisaran harga yang diberikan mulai Rp 150 ribu hingga Rp 500 ribu. Kemudian untuk kelas Bisnis berkisar Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta. Sedangkan First Class dibanderol harga Rp 400 ribu hingga Rp 1,5 juta.

Bahkan Roy juga menerima perawatan di rumah loh. Sobat KabarOto yang berminat hanya perlu menyediakan tempat dengan atap serta aliran listrik. Untuk perawatan panggilan seperti ini, ada biaya tambahan sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu, tergantung jarak yang ditempuh.

Selain kaca mobil, Roy juga menerima untuk poles mika lampu yang menguning. Untuk satu kaca mobil dihargai Rp 100 ribu, jadi kalau sepasang harganya Rp 200 ribu.

"Kalau memang masalahnya karena dari luar kita masih bisa poles. Tapi kalau harus bongkar dulu dan poles bagian dalam itu kita nggak terima," papar Roy.

Baca Juga: Membersihkan Kaca Mobil Jangan Asal, Ini Caranya