POPULAR STORIES

Kalah Dengan ExonMobil, BPH Migas Minta Pertamina Tambah SPBU Mini

Kalah dengan ExonMobil, BPH Migas Minta Pertamina Tambah SPBU Mini Petugas di Pertashop Pertamina

KabarOto.com - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) meminta Pertamina dan badan usaha lainnya untuk lebih meningkatkan jumlah SPBU mini di berbagai daerah. Dari data yang diterima BPH Migas, saat ini, baru hadir 50 unit. Selain untuk memudahkan masyarakat mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM), ditambahnya jumlah SPBU akan meningkatkan proses distribusi BBM.

Baca Juga: Beli BBM Di SPBU Pertamina Dapat Cash Back Rp20 Ribu

“Kami menginstruksikan supaya memperbanyak mini SPBU sehingga skala ekonominya tercapai. Termasuk di kampung-kampung akan bisa mendapatkan keuntungan, karena volume distribusi mencapai 3 ton (liter) per hari,” ungkap Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa dalam teleconference pekan lalu.

Menurut pria yang akrab disapa Ifan itu, sejak diluncurkan 1 Maret 2020 lalu, sampai saat ini baru terbangun 50 unit Pertahsop. Dari jumlah tersebut, wilayah terbanyak ada di Jawa Barat.

Pertashoop atau SPBU Mini Pertamina

Jumlah tersebut masih kalah banyak dengan jumlah SPBU ExxonMobil yang telah mencapai 100 unit. Menurut Ifan, dengan nilai investasi yang hanya Rp 100 – 400 juta, keuntungan yang diperoleh investor juga lumayan.

Dengan skema bisnis yang ada, Pertashop selain menjadi penyalur BBM Pertamina juga melayani kebutuhan pelumas yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain. “Jadi, ini menjadi peluang. Apalagi, harga BBM yang disediakan lebih murah daripada (BBM) yang disediakan Pertamini (kios BBM kecil non resmi),” kata Ifan.

Untuk diketahui, saat ini Pertamina membuka peluang kerjasama kemitraan bisnis bernama Pertashop (SPBU Mini). Melalui kerja sama tersebut, Pertamina menargetkan dari 7.196 kecamatan di Indonesia, sebanyak 3827 kecamatan yang belum memiliki lembaga penyalur, akan dibangun satu outlet Pertashop.

Baca Juga: Pertamina Terapkan Aturan Jaga Jarak Dan Pembayaran Non Tunai Di SPBU

Pertashop sendiri, merupakan lembaga penyalur Pertamina dengan skala kecil untuk melayani kebutuhan BBM dan juga pelumas yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.