POPULAR STORIES

Kaleidoskop Pameran Kendaraan Yang Jadi Kiblat Otomotif Global

Kaleidoskop Pameran Kendaraan yang Jadi Kiblat Otomotif Global Kaleidoskop Pameran Kendaraan yang Jadi Kiblat Otomotif Global (ADM/TAM/CSI/GMS)

KabarOto.com - Tanah Air kita punya pameran otomotif berskala Internasional yakni Gaikindo Indonesia Auto Show atau GIIAS, yang dihelat di BSD City, Tangerang.

Pameran otomotif taraf internasional merupakan acara yang sangat dinantikan oleh para pecinta mobil dan industri. Acaranya tidak hanya menghadirkan kendaraan baru, tetapi juga menjadi tempat bagi produsen untuk studi sekaligus memamerkan inovasi terbaru.

Berikut adalah 5 pameran otomotif terbesar di dunia yang menjadi panggung utama perkembangan industri otomotif:

1. Tokyo Motor Show/ Japan Mobility Show

Tokyo Motor Show dikenal sebagai salah satu pameran otomotif terkemuka di dunia. Digelar di Jepang, mulai 1954, acara dua tahunan ini tak pernah dibatalkan kecuali tahun 2021 akibat situasi kesehatan masyarakat dunia yang sedang dilanda pandemik Covid-19.

Tahun ini, Tokyo Motor Show berlangsung pada 26 Oktober - 5 November 2023, telah mengusung nama baru yakni Japan Mobility Show. Sebuah nama yang dimaksudkan untuk menonjolkan kesatuan dari beberapa industri mobilitas.

Baca Juga: Kaleidoskop Kendaraan Komersial, Bus Dan Truk Yang Meluncur Sepanjang Tahun 2023

2. Geneva International Motor Show

Pameran motorshow ini digelar di Qatar, tepatnya 5-14 Oktober 2023 di Doha, dengan memamerkan 30 merek otomotif dari berbagai benua. Geneva International Motor Show telah berjalan sejak tahun 1905 tetapi dibatalkan pada 2020, 2021, dan 2022 akibat pandemi Covid-19.

Penyelenggara Geneva International Motor Show akan gelar ajang otomotif terbesar ini pada tahun 2023 setelah tiga tahun absen. Geneva International Motor Show menampilkan kendaraan-kendaraan eksklusif, konsep mobil masa depan, dan teknologi revolusioner.

3. Frankfurt Motor Show

Ajang otomotif Frankfurt dimulai pada tahun 1951 dan kemudian diselenggarakan setiap dua tahun sekali, bergantian dengan Paris Motor Show. Frankfurt Motor Show, menyajikan kombinasi antara mobil penumpang, teknologi hijau, dan inovasi otomotif terbaru.

Hampir 70 tahun sejak pameran pertamanya, sayangnya, karena berkurangnya jumlah pengunjung dan minat publik terhadap pameran Frankfurt, pameran motor Frankfurt resmi ditutup sejak tahun 2021.

4. Paris Motor Show

Paris Motor Show adalah pameran mobil internasional yang berlangsung setiap dua tahun di bulan Oktober. Lebih dari satu juta pengunjung hadir di Paris, di Taman Pameran di Porte de Versailles.

Paris Motor Show menampilkan merek dan kendaraan dari seluruh dunia. Mulai dari model dari city car hingga mobil top, mobil sporty, hingga kendaraan listrik.

Di acara tersebut, penggemar mobil dapat mengagumi kendaraan terbaru dan mengunjungi pameran otomotif bersejarah.

Baca Juga: Kaleidoskop Motorsport Global Selama Tahun 2023, Simak Masing-masing Juaranya

5. Shanghai Auto Show

Gelaran Shanghai Auto Show baru saja berlangsung di Shanghai, China. Mengutip influencematters.asia, acara yang berlangsung selama sepuluh hari ini mampu menarik lebih dari 900 ribu pengunjung domestik dan internasional.

Jumlah peserta yang begitu besar bukan hanya karena pameran ini merupakan pameran pertama usai Covid-19, tetapi juga karena para penonton ingin menyaksikan secara langsung mobil-mobil terbaru Cina dan internasional serta teknologi yang ditujukan dalam pasar Cina.

Unjuk pertumbuhan industri otomotif Cina, Shanghai Auto Show adalah platform yang bagi produsen global dan domestik untuk memamerkan produk terbaru mereka di pasar Asia.