Kamera Mundur Bermasalah, Ratusan Mobil Listrik Tesla Kena Recall

Kamera Mundur Bermasalah, Ratusan Mobil Listrik Tesla Kena Recall Tesla Model Y (Foto: Tesla)

KabarOto.com - Tesla melakukan penarikan terhadap 947 unit mobil listriknya yang dipasarkan di Amerika Serikat karena mengalami masalah pada perangkat lunak yang menyebabkan kamera cadangan terlalu lama muncul di layar dan melanggar peraturan lalu lintas.

Dalam penarikan produk tersebut melibatkan Tesla Model 3 yang diproduksi dalam rentan waktu 1 September 2017 hingga 29 Mei 2020, Tesla Model S yang diproduksi antara 25 Februari hingga 22 Juli 2019 dan Tesla Model X produksi 8 Maret 2018 hingga 8 Agustus 2019.

Baca juga: Kabar Terbaru, Tesla Roadster Mendekat Ke Planet Mars

Interior Tesla Model 3

Beberapa mobil lstrik yang terdampak, sudah dilengkapi dengan sistem Autopilot Computer 2.5 dan menjalankan firmware antara 2021.44.25 hingga 2021.44.25.2 yang memiliki kamera belakang yang diduga tidak sesuai dengan FMVSS 111,S5.5.3 yang memerlukan kamera cadangan yang menampilkan situasi di belakang mobil.

Mobil listrik Tesla yang ditarik kembali ini tidak menampilkan gambar dengan cukup cepat karena komputer perlu mengatur ulang saat dinyalakan sehingga menyebabkan layar tidak menampilkan gambar. Untungnya, untuk melakukan pengaturan ulang tidak mempengaruhi tampilan atau fitur yang ada di dalam layar sentuh.

Baca juga: Mikrofon Tesla Mungkinkan Karaoke Di Mobil

Tesla Model X

Untuk mengatasi masalah tersebut, Tesla akan melakukan pembaruan sistem over-the-air sederhana yang sesuai dengan peraturan untuk pengoperasian kamera cadangan. Nantinya, sistem yang digunakan adalah firmware 2021.44.30 atau rilis yang lebih baru. Di mana, kamera belakang akan aktif dalam dua detik, setelah pengemudi mengubah posisi untuk mundur.

Konsumen yang mobil listriknya masuk daftar perbaikan, akan menerima pembaruan secara gratis dari pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat ini.