Katalis EV.1000, Motor Listrik Buatan Indonesia

Katalis EV.1000, Motor Listrik Buatan Indonesia Katalis EV.1000

KabarOto.com - Indonesia menjadi negara yang serius mengembangkan kendaraan ramah lingkungan berbasis listrik. Untuk mewujudkannya, berbagai perusahaan di dalam negeri mulai membuat kendaraan listrik baik itu roda dua dan juga roda empat.

Salah satu yang mengembangkan motor listrik adalah Katalis Company. Perusahaan ini membuat sebuah motor listrik bernama Katalis EV.1000. Motor ini rencananya akan dipamerkan di galeri The Arsenale, Macau.

Katalis EV.1000 dibekali motor listrik berkapasitas 1000 watt. Daya yang keluar mendapat dukungan dari baterai 48V 45Ah, dengan pengatur berdaya 48-72 Volt. Katalis EV.1000 diklaim bisa melaju hingga kecepatan maksimal 80 kpj. Jika dalam kondisi baterai penuh, motor ini mampu menempuh jarak 90 km.

Baca Juga: Limbah Baterai Kendaraan Listrik Bisa Didaur Ulang

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Bentuknya memanjang, mirip pesawat yang tidak menggunakan sayap, karena memang desainnya terinspirasi dari bentuk pesawat tempur yang gagah. Di bagian bodi tengah, terdapat sebuah kotak, sebagai tempat baterai.

Di sampingnya ada footstep untuk sanggahan kaki. Motor ini dibalut warna hitam, dan nada strip merah di roda yang juga dilapisi warna hitam. Strip merah juga ada di bagian bodi tengah. Sehingga tampilannya sangat terlihat garang.

Katalis EV.1000 hasil kerjasama dengan The Arsenale, sebuah otomotif terkemuka di dunia yang ada di Prancis. The Arsenale menawarkan alat transportasi dan produk-produk yang mengedepankan inovasi desain dan juga teknologi.

Baca Juga: Indonesia Banyak Tersimpan Bahan Baku Untuk Membuat Baterai Kendaraan Listrik

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Jakarta, Senin (24/8) mengapresiasi motor listrik karya anak bangsa ini.

Gati yakin, melalui keunikan EV.1000, Katalis akan mampu mendapatkan segmen khusus, seperti peggemar motor berdesain atraktif dan inovatif. “Kami minta Katalis menjaga hak kekayaan intelektual di desain inovatifnya,” terang Gati.