Kelebihan Dan Kekurangan Beli Mobil Di Balai Lelang

Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil di Balai Lelang

KabarOto.com - Lelang, dalam bayangan kita adalah sebuah kegiatan jual beli sebuah dengan cara tawar menawar harga. Siapa yang membelli dengan harga tertinggi, dia yang berhak membawa pulang barang tersebut. Salah satu yang biasa dilakukan adalah lelang kendaraan bermotor seperti mobil.

Biasanya lelang otomotif dilakukan untuk mobil yang bermasalah. Namun sejak tahun 2006-2007, swasta sudah mulai membuka lelang untuk kendaraan yang tidak mengalami masalah.

Baca Juga: Ini Mobil Bekas Paling Laris Di Balai Lelang

“Selama ini persepsi masyarakat lelang termasuk otomotif ribet, untuk mengikutinya, pasti barangnya bermasalah,” terang Bady Qadarsyah Operation Head, PT Balai Lelang Astra Natra Jaya (Auksi).

Mobil-mobil yang akan dilelang di Auksi

Pekerjaan Rumah yang dilakukan Auksi saat ini adalah mensosialisasikan kepada masyarakat dan juga regulator dalam hal ini pemerintah, menjelaskan tentang lelang. “PR kami itu menjelaskan yang sebenarnya tentang lelang,” terang Bady, saat ngobrol virtual dengan media, beberapa waktu lalu.

Dia harus menjelaskan kegiatan lelang adalah menyenangkan. “Kami harus beri informasi, jika lelang itu kegiatan yang menyenangkan,” tambahnya lagi. Auksi sendiri untuk mensosialisasikan lelang setiap tahun menggelar kegiatan di tempat umum, seperti mall dan juga pusat perbelanjaan lainnya.

“Bukan hanya di kantor kami, tapi di pusat perbelanjaan juga,” tambah Bady. Tujuannya untuk mengedukasi kepada masyarakat, kegiatan lelang seperti apa. Dalam menjual kendaraan, konsumen bisa langsung mendapatkan uang setelah proses lelang. Itu salah satu kelebihannya.

kegiatan lelang di Auksi

Dibalik kelebihan, tentu ada kekurangan. Bady pun mengakui, salah satu yang menjadi kekurangan lelang adalah barang itu apa adanya. Unit mobil yang akan dilelang tidak dilakuan perbaikan terlebih dahulu. “Ini yg juga menjadi tugas kami, untuk menjelaskan kepada masyarakat,” terangnya lagi.

Kegiatan lelang mobil dan motor, biasanya memang banyak diikuti oleh para pedagang yang punya diler kendaraan bekas. Namun Auksi memastikan jika peserta individu sangat bisa mengikuti kegiatan ini. “Individu bisa ikut kegiatan lelang,” terang Bady lagi.

Baca Juga: Ikut Lelang Mobil Dapat Hadiah Sepeda Motor

Bagi konsumen yang mau ikut serta caranya mudah, datang saja ke Auksi atau balai lelang lainnya. Kemudian cek fisik mobil atau motor yang akan dibeli. Bisa juga melakukan test drive di tempat lelang

“Kalau tertarik langsung daftar untuk uang jaminan Rp 5 juta setiap unit mobil dan Rp 1 juta untuk setiap unit motor,” terang Bady lagi. Jika tidak menang dalam proses lelang, nantinya uang akan dikembalikan lagi.