POPULAR STORIES

Kemenhub Dorong Pemerintah Daerah Gunakan Kendaraan Listrik Untuk Kegiatan Dinas

Kemenhub Dorong Pemerintah Daerah Gunakan Kendaraan Listrik untuk Kegiatan Dinas Beberapa SPBU di Jakarta sudah menyediakan pengisian baterai untuk mobil listrik

KabarOto.com - Mendukung program percepatan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia, Kementerian Perhubungan sedang persiapkan road map Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Peta jalan tersebut sesuai Peraturan Presiden Nomor 55/2019.

Salah satu cara untuk mendorong hal tersebut, mendorong institusi pemerintahan pusat dan daerah menggunakan kendaraan listrik untuk kegiatan dinas.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu. Menurutnya, Kemenhub sudah menerbitkan peraturan yang mengharuskan KBLBB digunakan sebagai kendaraan operasional Kemenhub.

Baca Juga: Universitas Budi Luhur Tunggu Investor Minat Kendaraan Listrik

Pemprov Jawa Barat sudah mulai gunakan mobil listrik

Pihaknya juga mendorong agar angkutan umum seperti Transjakarta, Damri, Angkutan Bandara bisa menggunakan bus dengan tenaga listrik. "Kami juga mendorong penggunaan bus listrik melalui Program Buy The Service (BTS) di beberapa kota," terang Budi.

Kementerian yang dipimpinnya itu juga sedang persiapkan langkah lain untuk mendorong penggunaan KLBB oleh masyarakat. "Salah satunya, pemerintah pemerintah daerah kita dorong untuk gunakan kendaraan listrik untuk operasional," paparnya. Daerah yang menjadi percontohan di tahap awal ini adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Bali.

Jakarta harus menjadi kota yang menggunakan kendaraan listrik

Lalu kenapa tiga daerah ini yang dipilih? Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) Ahmad Syarudin memberi komentar, DKI Jakarta adalah Ibu Kota negara Indonesia yang menjadi sorotan dunia.

Menjadi pusat kegiatan pemerintahan dan bisnis. "Tingkat polusi di Jakarta sudah mencapai 70% disumbangkan dari kendaraan bermotor," terangnya.

Sementara itu, Jawa Barat wilayah yang berdekatan dengan Jakarta, menjadi tujuan wisatawan lokal dari Jabodetabek. Sementara itu, Bali sebagai daerah tujuan wisata dunia.

Baca Juga: Populasi Kendaraan Listrik Diprediksi Mencapai 145 Juta Unit Tahun 2030

Daerah ini, sudah telah menjadi kota internasional, selayaknya kota ini mengikuti trend dunia di mana emisi CO2 menurun, dan tren gaya hidup yang mengedepankan ecotourism, menggunakan kendaraan listrik.