POPULAR STORIES

Kementerian ESDM Siapkan Platform Digital Dukung Konversi Motor Listrik

Kementerian ESDM Siapkan Platform Digital Dukung Konversi Motor Listrik Honda Vario yang dikonversi menjadi motor listrik (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mengembangkan platform digital, untuk mendukung program konversi sepeda motor konvensional berbahan bakar fosil, menjadi listrik.

"Untuk mendukung program konversi, Kementerian ESDM mengembangkan platform digital yang merupakan layanan satu pintu proses konversi yang terdiri dari empat bagian utama," kata Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Pengembangan Industri Sektor ESDM, Agus Tjahajana Wirakusumah, Senin (21/03/2023).

Baca Juga: NAWA Racer, Motor Listrik Dengan Baterai Hybrid Pertama Di Dunia

Pertama, terkait dengan media daring (online) pendaftaran bagi masyarakat pemilik motor BBM, yang ingin melakukan konversi motor listrik.

Kedua, media bagi bengkel konversi untuk menyelesaikan tahapan administrasi dan pelaporan hasil konversi. Ketiga adalah media verifikasi kualitas motor hasil konversi bengkel dan komponen utama oleh Kementerian ESDM, melalui Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (KEBTKE).

Terakhir, platform yang terintegrasi dengan kementerian atau lembaga terkait untuk mendukung keberhasilan program konversi seperti dengan Kementerian Perhubungan, Kepolisian, Online Single Submission (OSS) Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kementerian Dalam Negeri, dan lain-lain.

Baca Juga: Struktur Gambar Calon Motor Hybrid Kawasaki Beredar Di Dunia Maya

Saat ini, platform digital konversi motor listrik tersebut tengah dalam tahap integrasi ke server Kementerian ESDM, dan diharapkan selesai paling lambat akhir Maret 2023.

"Selanjutnya, akan mulai dibuka kepada masyarakat untuk mendaftarkan pada awal bulan depan. Platform digital konversi motor listrik dapat diakses oleh masyarakat melalui alamat website https://ebtke.esdm.go.id/konversi," jelas Agus.