Keren Nih, Kia Stinger GT420 Versi Balap Sedan Mewah Kia  

Keren Nih, Kia Stinger GT420 Versi Balap Sedan Mewah Kia   Foto: Kia

KabarOto.com – Pertama diperkenalkan pada ajang North American International Auto Show di Detroit tahun 2017 lalu, Kia Stinger sebenarnya sudah tampil sporty. Mesin bawaannya juga cukup tangguh.

Namun Kia Inggris, dengan bantuan masukan dan teknis dari Hyundai Motor Europe Technical Centre di Jerman. Membangun Stinger GT420, varian khusus balap sedan mewah andalan Kia ini.

Dilansir dari topgear.com, Kia Stinger ini mengalami beberapa perubahan. Bodinya menggunakan livery balap, didominasi warna merah dan putih. Namun masih menggunakan bentuk aslinya. Tidak ada penambahan wing, overfender atau semacamnya yang biasanya ada di mobil balap. Termasuk lampu dan gril juga masih menggunakan bawaannya.

Baca juga: Test Drive KIA Grand Sedona, Cita Rasa MPV Premium Asal Korea

Lihat bagian kaki-kaki, cukup banyak yang diubah dari Kia Stinger GT420 ini. Paling kentara pelek OZ Racing Leggera diameter 19 inci. Pelek ini lebih enteng 5 kg per piece-nya. Dibalut ban Pirelli Trofeo R, ukuran 235/35R19 di depan dan 265/30R19 di belakang.

Menambah handling, disematkan juga front cross-member baru, suspensi Eibach Pro lowering springs dan anti-roll bar di belakang dan depan.

Jika dilihat ke dalam, tentu sudah banyak yang berubah. Tidak ada lagi interior mewah, hampir semua interior sudah dilepas. Kabin hanya tersisa setir, sebagian dasbor dan tuas transmisi yang masih menggunakan part orisinal. Total, Kia berhasil mengurangi bobot hingga 150 kg, dibanding varian standarnya.

Baca juga: Mewahnya Hyundai H-1 Royale Limited Edition Di GIIAS 2019

Sisanya sudah menggunakan produk aftermarket, seperti jok yang menggunakan bucket seat dari Sparco, dilengkapi harness 6 titik dari OMP. Selain itu juga terlihat penggunaan roll cage. Bagian interior belakang dari mobil ini sudah sama sekali tidak bersisa.

Mesin tentu harus dimaksimalkan, walau sebagian besar masih andalkan komponen standarnya. Seperti dilansir dari topgear.com, sebagai standar, Stinger GT S menghasilkan 370 dk dari mesin V6 berkapasitas 3.300 cc twin-turbocharged. Tetapi untuk Kia Stinger GT420 ini telah disematkan busi baru, saringan udara baru, knalpot Milltek de-catted free flow dan perubahan kecil lainnya.

Baca juga: Kece Berat! Hyundai Pajang Kona Yang Sudah Dimodifikasi

Tenaga mesin melonjak hingga 425 dk dari aslinya yang di kisaran 370 dk

Hasilnya, ubahan pada Kia Stinger GT420 ini berhasil menaikkan tenaganya maksimalnya menjadi 425 dk. Torsi maksimalnya juga naik, dari 510 Nm ke 560 Nm.

Kia juga menambahkan pendingin transmisi yang lebih besar pada girboks 8 percepatan bawaannya, demi mereduksi panas tinggi yang biasa timbul saat beraksi di sirkuit terus menerus. Lalu manajemen mesin diprogram ulang, sehingga menghasilkan proses perpindahan gigi yang lebih cepat.

Kira-kira akankah Kia Stinger versi balap ini dapat berlaga di kompetisi kelas dunia? Kita tunggu saja kabarnya. (Gregorius Nikolaus.P)