POPULAR STORIES

KIA Siap Luncurkan Optima Sportwagon PHEV Terbaru, Ini Harganya!

KIA Siap Luncurkan Optima Sportwagon PHEV Terbaru, Ini Harganya! KIA Optima Sporwagon (ist)

KabarOto.com - Produsen mobil asal Korea Selatan, KIA, pada tahun 2019 ini dikabarkan akan segera memperkenalkan Optima Sportswagon Plug-In Hybrid terbaru, yang telah mengalami penyegaran (facelift). Penyegaran tersebut paling mencolok terletak pada bagian sekterior, serta interior.

Pada bagian eksterior, Optima Sportswagon PHEV 2019 menggunakan bumper depan yang didesain ulang, berpadu lampu daytime running light (DRL) LED siang, yang juga tampil dengan desain baru.

KIA Optima PHEV 2019 juga mendapatkan grille depan aktif, yang dapat menurunkan drag coefisien kendaraan menjadi 0,28. Tampilannya makin sporty berkat penggunaan pelek berukuran 17 inci dengan desain baru.

Baca juga: Kia Bikin Atap Mobil Bisa Mengisi Listrik

Tampilan belakang makin sporty

Selanjutnya pada bagian interior, KIA yang menambahkan fitur seperti jok kulit, atap panoramik, Smart High Beam Assist, kursi depan berventilasi, pengisi baterai telepon nirkabel, hingga monitor yang dapat menampilkan suasana sekeliling mobil secara 360 derajat.

Baca Juga: Mobil Ikonik Di Film Fast And Furious: Tokyo Drift

Sayangnya, penyegaran tersebut tidak menyentuh sektor sumber tenaga. Karena Optima Sportswagon PHEV 2019 masih menggunakan mesin hybrid lama, yang memadukan mesin bensin 2.0 liter bertenaga 152 dk dengan motor listrik bertenaga 66 dk (50 kW).

Bila output tenaga tersebut dijumlah, Optima Sportwagon PHEV 2019 memiliki tenaga mencapai 202 dk dan torsi di angka 375 Nm. Tenaga tersebut lantas disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 6 percepatan.

Bodi dengan desain panjang, namun terlihat proporsional

Dengan tenaga yang dimilikinya, Optima Sportwagon dapat berlari dari kondisi diam hingga mecapai kecepatan 100 kpj, hanya dalam waktu 9,4 detik. Bila digunakan dalam mode full elektrik, wagon tersebut dapat melakukan perjalanan hingga 33 mil (53 km).

Meski tenaganya cukup besar, namun KIA mengklaim bahwa Optima Sportwagon PHEV sangat irit bahan bakar. Dari hasil tes yang telah dilakukan KIA, Optima Sportwagon hanya membutuhkan sebanyak 1,5 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100 km, pada siklus WLTP terbaru, dengan emisi CO2 ditetapkan hanya 33g / km.

Baca Juga: Bikin Kaca Spion Xpander Makin Mewah, Dengan Lampu Sein LED Ini

KIA mengatakan bahwa volume bagasi menjadi berkurang berkurang 15 liter karena integrasi paket baterai lithium-ion berkapasitas 11,26 kWh. Tetapi, Optima Sportswagon PHEV masih dapat membawa barang dengan kapasitas 440 liter, dengan kursi belakang di posisi normal dan 1.574 liter saat dilipat.

Di Inggris, Kia menawarkan Optima Sportswagon PHEV 2019 dengan harga mulai dari £ 34.995 atau sekitar Rp 627 juta, dengan garansi 7 tahun atau 100.000 mil.