KiaSafe Teknologi Baru Agar Terhindar Dari Pencuri

KiaSafe Teknologi Baru Agar Terhindar dari Pencuri Foto: Carscoop

KabarOto.com - Mobil-mobil saat ini semakin canggih, baik dari segi mesin, fitur maupun teknologi yang ditawarkan. Termasuk pabrikan mobil asal Korea, yakni Kia, yang memperhatikan keamanan untuk mobil-mobilnya.

Kia memberikan langkah-langkah anti pencurian. Sepertinya hal ini memang diperlukan untuk pemilik mobil agar selalu merasa aman dengan aset mereka.

Teknologi ini terasa seperti pedang bermata dua, pasalnya belum tentu pencuri mobil profesional akan dengan mudah digagalkan. Bisa jadi, mereka membuat teknologi ini sebagai bahan belajar untuk mendapatkan cara memecahkan sistem anti pencurian di pasaran.

Teknologi ini ditekankan pada kendaraan keyless yang tidak memerlukan kunci konvensional. Sebenarnya Kia sadar bahwa mobil dengan fitur keyless ini lebih rentan di bobol. Melalui kesadaran inilah Kia memberikan penawaran khusus pada konsumennya di Inggris, ini mirip dengan Faraday yang dikeluarkan Nissan untuk Juke.

Baca Juga: Hyundai Sonata 2020 Tampil Di MV GFriend Fever, Ternyata Fiturnya Canggih Banget!

Jadi bagi konsumen yang membeli kendaraan Kia baik yang baru maupun bekas, akan dilengkapi dengan sistem anti pencuri tersebut. Case KiaSafe ini dikembangkan untuk menghentikan aksi pencuri yang menggunakan perangkat serangan estafet untuk mendapatkan frekuensi dari kunci mobil.

Karena jika hal ini terjadi pencuri akan mendapatkan akses ke kendaraan. Kerennya, case ini memiliki lapisan logam di bagian dalamnya, yang menghalangi sinyal dari perangkat pencuri untuk mengakses kunci.

Tapi penduduk seluruh dunia tidak bisa bergantung dengan benda ini. Karena Kia memberikan penekanan bahwa serangan yang terjadi pada mobil keyless bukan dilihat secara global. Belum tentu di Indonesia kendaraan di bobol melalui pintunya atau bergantung pada sinyal kunci mobil.

Baca Juga: Suka Kemewahan? Kunci Mobil Seharga 8 Miliar Ini Cocok Untuk Kamu

Nah, para insinyur Penelitian dan Pengembangan dari Perusahaan ini bekerja untuk memastikan, bahwa sistem entri tanpa kunci atau keyless ini, di masa depan bisa dibuat sedekat mungkin dengan serangan seringan mungkin. Untuk saat ini case KiaSafe sudah tersedia di diler Inggris tertentu.

Dengan tersedia case KiaSafe bisa membantu proses penyerahan mobil pada konsumen. Nah, case ini juga bisa dibeli oleh pemilik mobil Kia loh. Harga yang ditawarkan juga tidak mahal, yaitu £ 9.99 atau jika di rupiahkan sekitar Rp 177 ribu, mengingat fungsinya untuk mengamankan kendaraan dengan harga ratusan juta.

"Keamanan kendaraan pelanggan kami berada di urutan kedua setelah keselamatan dan kami juga khawatir tentang peretasan sistem entri tanpa kunci seperti pelanggan, polisi dan industri asuransi," jelas David Hart, Manajer Pengalaman Pelanggan di Kia Motors UK.

Baca Juga: Canggih, Hyundai Sonata Baru Bakal Gunakan Kunci Digital

Hal ini juga semakin diwaspadai oleh Kia karena sistem entri kunci kendaraannya tidak memiliki tombol UWP atau Sleep. Untuk saat ini, teknisi Kia sedang mengembangkan tingkat perlindungan tambahan untuk kendaraan masa depan. Setelah diberikan jadwal produkso dan pengenalan model baru, hal ini akan segera diterapkan.

Jika tidak memiliki teknologi seperti case KiaSafe, untuk saat ini antisipasi yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan keyless yaitu, tidak meninggalkan kunci didekat pintu yang berdekatan dengan pintu mobil. Hal ini dilakukan agar sinyal tidak terdeteksi oleh mobil.