"Kiki" Fajar Harianto, CorComm Head PT Tata Motors Tutup Usia

"Kiki" Fajar Harianto, CorComm Head PT Tata Motors Tutup Usia Foto: Istimewa

KabarOto.com - Kabar duka mengawali bulan Agustus 2020, salah satu Sobat KabarOto yakni Fajar Harianto, Corporate Communication Head PT Tata Motors Distribusi Indonesia, telah meninggal dunia.

Pria yang akrab disapa Kiki Fajar ini mengembuskan nafas terakhir saat penanganan medis di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro, Tangerang Selatan, Senin malam (3/8). Meninggal di usia 42 tahun.

Kontribusinya di bidang otomotif terbilang bukan anak baru, meski usianya terbilang muda saat tutup usia. Mengawali karir sebagai jurnalis di beberapa media cetak khusus otomotif sekitar tahun 2001. Bahkan sempat berkarir bersama penulis di media franchise Autocar asal Inggris dan juga khusus motor Motoriders.

Baca juga: Porsche 911 Carrera 4S Ini Terlihat Keropos, Tapi ada Kristal di Dalamnya

Keseriusannya di bidang otomotif sempat menghilang beberapa saat untuk meningkatkan kemampuan manajerialnya. Tahun 2006, penulis kembali bertemu dengan Kiki sudah bergabung di General Motors Indonesia.

Momen terbaik sebagai PR di General Motors



Saat itu GM Indonesia membawa bendera Chevrolet. Strategi yang diterapkan untuk memperluas brand Chevrolet adalah mengumpulkan kembali rekan-rekan jurnalis yang dikenalnya. Dirinya menyebut rekan jurnalis sebagai Media Darling.

Pendekatan Media Darling ini mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap Chevrolet. Seakan melupakan bahwa mobil Chevrolet yang diniagakan adalah rebranding dari mobil asal Korea, Daewoo.

Setelah cukup di GM Indonesia, Kiki mengabarkan kepada penulis bahwa dirinya berpindah ke Tata Motors Distribution Indonesia pada tahun 2012. Namun terbilang berat bagi brand India masuk ke Indonesia memasarkan kendaraan penumpang untuk bersaing dengan Samurai Jepang.

Kiki Fajar bersama petinggi Tata Motors



Tata Motors tak begitu saja pergi seperti General Motors, Tata lebih memilih bermanuver memasarkan kendaraan berat alias kendaraan komersial.

Baca juga: Nostalgia Smartphone Desain Pabrikan Mobil Jerman, Blackberry Porsche Design

Kiki Fajar dua pekan menjelang tutup usia, masih berkomunikasi dengan rekan jurnalis. Setiap perjumpaan dirinya selalu berpesan agar selalu memerhatikan kesehatan melalui makanan.

Selamat jalan Sobat. Saat tiba di Rumah Duka banyak rekan jurnalis yang bergantian melakukan salat jenazah hingga datang salat Dzuhur.

Bahkan, hingga menuju peristirahatan terakhir di Taman Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan, sudah banyak yang menantikan untuk melepas kenangan indah.