POPULAR STORIES

Kolaborasi Berlanjut, Model Terbaru Mazda2 Dan Toyota Yaris Akan Berbagi Platform

Kolaborasi Berlanjut, Model Terbaru Mazda2 Dan Toyota Yaris akan Berbagi Platform

KabarOto.com – Meskipun belum ada yang resmi, namun kabar tentang model terbaru Toyota Yaris yang akan berbagi basis untuk Mazda2 hampir menjadi kenyataan. Pasalnya, Mazda dan Toyota terlibat kerjasama dalam beberapa hal, seperti teknologi otonom dan kendaraan listrik murni.

Dalam sebuah presentasi kepada investor pada November 2020, Mazda mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan model baru yang menggunakan basis dari Toyota Yaris THS pada tahun 2022. Kebetulan Mazda2 dan Toyota Yaris memiliki dimensi ukuran yang sama.

Baca Juga : Mazda CX-30 Dan Mazda3 Dibekali Pilihan Mesin Baru

Selain itu, Mazda juga telah mengumumkan akan menghadirkan 13 kendaraan listrik pada tahun 2025. Nantinya, jajaran mobil listriknya akan menggunakan teknologi yang sama dengan Toyota Prius dan Yaris terbaru yang dibekali dengan Toyota Hybrid System (THS).

Sebelumnya, kerjasama yang serupa juga terjadi antara Toyota dan Suzuki. Di mana, kedua pabrikan asal Jepang ini menghadirkan Suzuki Swace Estate dan Across yang menggunakan basis dari Toyota Corolla dan RAV4. Dalam kolaborasi tersebut, produk-produk ini berbagi platform, sumber tenaga, dan teknologi.

Baca Juga : Selera Elegan, Admiration Belta Body Kit Mazda CX-5

Mazda dan Toyota tampaknya juga akan melakukan hal yang sama. Namun, mewujudkan hal tersebut keduanya harus melakukan penyesuain model, mulai dari eksterior, interior hingga mesin yang digunakan.

Soal performa, Mazda2 akan menggunakan mesin yang sama dengan miliki Toyota Yaris, yakni mesin hybrid dipadukan bensin berkapasitas 1.500 cc bertenaga 114 dk. Sumber tenaga hybrid Toyota juga akan menurunkan emisi gas buang dan membantu Mazda untuk memenuhi peraturan CO2 yang semakin ketat.

Masuk ke dalam kabin, Mazda2 akan memiliki dasbor dan sistem hiburan melalui layar sentuh 7 inci yang sama dengan milik Toyota Yaris, dengan penyesuain grafis yang berubah menjadi lambang Mazda.