Komponen Mobil ini Wajib Diperiksa Setelah Liburan

Enrico
Enrico 02 Jan 2018 - 10:18
Komponen Mobil ini Wajib Diperiksa Setelah Liburan
Perawatan Mobil Setelah Liburan (Google)

KabarOto.com - Perawatan mobil ekstra biasanya dilakukan menjelang liburan. Karena kendaraan akan digunakan untuk berlibur ke luar kota, sehingga membutuhkan kondisi yang baik.

Namun saat libur usai dan kembali ke rumah, pemilik mobil biasanya lupa untuk memeriksa kendaraannya. Padahal setelah digunakan menempuh perjalanan jauh mobil membutuhkan perawatan. Karena beberapa komponen yang ada pada mobil harus segera diperiksa agar kondisinya normal kembali .

Baca Juga:

KabarOto.com memberikan informasi beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah mobil digunakan untuk berlibur.

1. Bersihkan Mobil

Bersihkanlah mobil Anda dari dalam sampai ke bagian kaki-kaki mobil. Periksalah dengan cermat bagian-bagian yang dapat ditemukan adanya rembesan oli.

2. Ganti Oli

Mobil yang telah digunakan untuk perjalanan jauh akan membuat kekentalan oli berkurang. Oli harus segera diganti.

3. Cek Kopling dan Rem

Dua komponen ini juga sangat penting karena kopling dan rem sering digunakan saat mobil bergerak. Bila kopling sudah tipis maka kinerja mobil akan terganggu. Rem juga harus diperiksa. Jika kampas sudah habis, segera lakukan pergantian, karena kampas yang tipis akan menyebabkan mobil sulit diberhentikan dengan baik.

4. Sporing Balancing

Dalam perjalanan berlibur mungkin saja Anda menghantam lubang atau batu di jalanan. Demi kenyamanan dan agar bertambah parah kerusakannya maka lakukanlah sporing dan balancing pada roda.

5. Periksalah Semua Cairan Mobil

Seain oli dan air radiator, air wiper, minyak rem dan oli transmisi perlu dicek. Jika semua sudah diperiksa dengan benar maka jangan lupa untuk melakukan tune up secara rutin guna mengembalikan kondisi mobil kembali fit.

Editor : bimo