POPULAR STORIES

Korlantas Polri Andalkan Teknologi ETLE Di Operasi Keselamatan 2023

Korlantas Polri Andalkan Teknologi ETLE di  Operasi Keselamatan 2023 Mobil Korlantas dilengkapi tilang ETLE (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Korlantas Polri menggelar Operasi Keselamatan 2023, mulai 7 hingga 20 Februari 2023. Di mana, operasi ini untuk mewujudkan kesadaran pengguna jalan terkait keselamatan berkendara.

Petugas yang melaksanakan tugas di lapangan, tidak akan melakukan tilang manual seperti sebelumnya. Namun, Korlantas akan mengandalkan tilang elektronik ETLE pada Operasi Keselamatan 2023.

Baca juga: 3 Polda Ini Dapat Tambahan 34 Kamera ETLE

Menurut keterangan Kasubbag Renops Bagops Korlantas Polri, AKBP Bargani menjelaskan bahwa pada Operasi Keselamatan 2023, pihaknya akan mengandalkan tilang elektronik dengan ETLE.

Sedangkan, untuk memberikan kesadaran yang tinggi kepada pengguna kendaraan, petugas dibekali untuk melakukan penindakan dengan cara yang lebih humanis kepada pelanggar.

Penilangan dengan ETLE

"Kami mengedepankan tindakan preventif, edukatif dan persuasif," ungkap Bargani, dalam keterangan resmi Korlantas Polri.

Baca juga: Isuzu D-Max, Pikap Kabin Ganda Dibekali Kamera ETLE

Operasi Keselamatan 2023, petugas di lapangan akan menindak para pelanggar kasat mata. Diantaranya pengendara yang melanggar lalu lintas dengan tidak menggunakan helm, melawan arah, dan potensi gangguan yang menyebabkan kemacetan.

"Dengan Operasi Keselamatan 2023, diharapkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas bisa terwujud," tambah Bargani.

Selain itu, petugas juga akan melakukan penindakan terhadap pelanggar yang berada di jalan tol maupun non tol. Adapun, tujuan Operasi Keselamatan 2023 ini untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan jumlah fatalitas korban kecelakaan serta untuk meningkatan kesadaran akan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.