POPULAR STORIES

Krisis Chip Semikonduktor, Mazda Dan Nissan Resmi Hentikan Produksi Mobil

Krisis Chip Semikonduktor, Mazda dan Nissan Resmi Hentikan Produksi Mobil

KabarOto.com - Dampak langkanya chip semikonduktor di industri otomotif juga dialami oleh Nissan dan Mazda. Mereka mengklaim akan melakukan penyesuaian terkait hal tersebut.

Selain menghentikan produksi mobilnya, Nissan juga akan menghentikan produksi di beberapa fasilitas mereka antara lain adalah pabrik Tochigi, Jepang Timur dan Kyushu, Jepang Selatan.

Baca juga: Chip Semikonduktor Langka, Mitsubishi Angkat Bicara

Meski melakukan hal tersebut, pihaknya tetap menjalankan produksi untuk beberapa pabrik dengan meniadakan shift kerja malam hari sejak bulan Mei hingga Juli 2021.

Dilansir dari Reuters, Juru Bicara Nissan mengatakan, "Karena kekurangan chip global, Nissan menyesuaikan produksi dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memastikan pemulihan."

Baca juga: Ada Inden, Honda Prospect Motor Menampik Krisis Chip Semikonduktor

Pihaknya mengatakan bahwa kondisi tersebut mengurangi produksi hingga 500 ribu unit kendaraan sepanjang tahun ini. Namun, hal yang sama juga dirasakan pabrikan Mazda yang bakal menghentikan produksi sementara di pabrik mereka yang terletak di Prefektur Yamaguchi, Jepang.

Pabrikan tersebut bakal menghentikan produksinya secara bertahap antara tanggal 5 - 9 Juli 2021 dan periode kedua akan dilangsungkan pada 12 - 16 Juli 2021.