Kupas Tuntas Bohlam LED Dan HID

Kupas Tuntas Bohlam LED dan HID Ragam LED & HID Mobil (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Mobil premium rata-rata sudah dibekali sistem penerangan yang baik. Selain untuk penerangan, tipe headlamp yang sudah menggunakan HID (High-Intensity Dishcarge) dan LED (Light Emitting Diode) memiliki bentuk fisik yang relatif lebih menarik dibanding tipe halogen.

Nah, pada mobil modern, fitur HID dan LED sudah jadi menu wajib karena mampu menghasilkan cahaya dengan tingkat intensitas yang tinggi daripada lampu halogen biasa. Contohnya, headlamp Honda All new Accord VTi-L dan CRV 2.4 yang sudah menggunakan HID projector sebagai penerangan standarnya.

Baca Juga: LED Aftermarket: Banyak Ragam Sesuai Keinginan

“Tidak ada masalah signifikan yang saya temui di lampu HID OEM mobil karena dari pihak manufaktur pasti sudah memperhitungkan secara cermat. Paling masalah hanya waktu bohlam putus, pemilik mobil harus membeli satu buah lengkap dengan headlamp-nya, karena bohlam HID OEM Honda tidak memiliki part number,” ujar Edi Sutasno, Mechanic Instructor Honda Kebon Jeruk.

Pria dengan logat Jawa Barat kental itu juga bilang, semua HID serta OEM dipastikan dapat menembus cuaca buruk seperti kabut atau hujan deras sekalipun.

“Belum ada kasus mengembun, buram, atau kerusakan lain yang komplain ke sini karena mobilnya pun termasuk baru, tapi kalaupun nanti ada kan masih garansi dari Honda,” jelas Edi Sutasno.

Sedangkan tipe LED OEM Honda dapat ditemukan pada head lamp milik HRV 1.8, stop lamp milik All new Accord VTi-L, serta auxiliary stop lamp Honda Jazz GK5 yang menempel di spoiler.

“Awalnya lampu LED didedikasikan sebagai model lampu masa depan yang dianggap dapat menekan pemanasan global karena dinilai sangat efisien. Keunggulannya lebih hemat daya, lebih tahan Lama, dan tidak panas” ujar pria 30 tahun ini.

Kelemahannya, lanjut Edi Sutasno, hanya di harganya yang cukup tinggi, di mana satu unit lampu depan Honda HRV 1.8 dibanderol seharga Rp 7 juta, belum termasuk ppn. Sedangkan untuk Jazz GK5 dibanderol Rp 863 ribu per unitnya.