POPULAR STORIES

Larangan Mudik, 1.717 Kendaraan Putar Balik Dari Jawa Timur

Larangan Mudik, 1.717 Kendaraan Putar Balik dari Jawa Timur

KabarOto.com - Terkait anjuran larangan mudik yang disampaikan Presiden Joko Widodo (21/04), pemerintah serta jajaran dan instansi terkait akhirnya merealisasikan kebijakan tersebut. Mulai Jumat kemarin (24/04) penyekatan di berbagai wilayah terutama Pulau Jawa sudah dibuat skenarionya.

Nampaknya, hal ini belum benar-benar dipahami atau diketahui oleh sejumlah warga Jawa Timur. Pasalnya tercatat 5.746 kendaraan masih keluar-masuk Jawa Timur. Hal ini disampaikan oleh Kombes Trunoyudo Andiko selaku Kabid Humas Polda Jatim (25/04) dalam keterangannya.

Baca Juga: Dilarang Mudik, Ini Persebaran Titik Penyekatan Jawa Timur

Rinciannya, terhitung sebanyak 1.780 kendaraan keluar dan 2.185 kendaraan masuk. Sementara roda empat terdapat 1.328 keluar dan 1.341 masuk. Adapun kendaraan umum yaitu bus 148 unit keluar dan 160 unit masuk.

Sesuai dengan larangan mudik, beberapa kendaraan harus putar balik namun ada beberapa kendaraan yang diizinkan untuk melintas, dengan catatan harus mengikuti protokol penanganan dengan melaksanakan observasi selama 14 hari.

Baca Juga: Ini Sanksi Bagi Masyarakat Yang Tetap Mudik

"Kendaraan yang diputar balik oleh petugas di antaranya 708 roda dua, 851 roda empat, 99 truk, dan 59 unit bus," papar Trunoyudo.

Nah, bagi kendaraan yang masuk pengendara dan penumpang harus melalui pemeriksaan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan serta mengisi dokumen administasi kesehatan. Wilayah Jawa Timur menyiapkan 8 titik penyekatan terkait larangan mudik yang tersebar di jalan tol maupun arteri.