POPULAR STORIES

Larangan Mudik, Ada Pemeriksaan Berlapis Di 3 Check Point Ruas Tol Pandaan-Malang

Larangan Mudik, Ada Pemeriksaan Berlapis di 3 Check Point Ruas Tol Pandaan-Malang

KabarOto.com - Sesuai dengan larangan mudik yang telah diterapkan sejak pekan lalu (24/04), Jalan Tol ruas Pandaan - Malang turut dijaga ketat oleh kepolisian di sejumlah titik. Hal ini dilakukan untuk pengendalian transportasi selama masa mudik.

Penerapannya berdasar pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 25 Tahun 2020 tanggal 23 April 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Tersambung Seluruhnya, Tol Pandaan-Malang Persingkat Waktu Perjalanan

Proses pengendalian transportasi dimulai sejak Selasa (28/4) sampai akhir bulan depan (31/5). Setidaknya ada tiga lokasi check point di Malang Raya yang terhubung dengan lalu lintas jalan tol Pandaan - Malang, yaitu:

1. Gerbang Tol (GT) Lawang
2. Lokasi Rencana Test Area di km 84 A
3. Akses keluar GT Malang

Masing-masing check point memiliki fungsi masing-masing untuk menyaring pengendara yang melintas. Akses keluar Gerbang Tol Lawang difungsikan untuk menyaring kendaraan yang keluar dari jalan tol menuju Kabupaten Malang.

Baca Juga: Masa Uji Coba, Tol Pandaan-Malang Seksi 5 Masih Gratis

Selanjutnya, pengguna jalan dari arah Surabaya akan diarahkan masuk ke check point rest area km 84 A. Disini pengguna jalan akan dicek suhu tubuhnya.

ilustrasi (JM)

Bagi pengguna jalan yang diizinkan melanjutkan ke Malang akan diarahkan masuk lajur kiri. Sementara pengguna jalan yang diketahui kepentingannya untuk mudik atau tidak masuk kriteria yang diizinkan, akan dikembali ke arah asal melalui u-turn di km 84+500.

Nah, check point ketiga di GT malang berfungsi untuk menjaring pengguna jalan dari arah Lumajang.

"Kami juga mengimbau masyarakat agar menaati peraturan yang ditetapkan Pemerintah terkait pelarangan mudik ini agar penyebaran Covid-19 ini dapat ditekan," ujar Direktur Utama JPM, Agus Purnomo.