POPULAR STORIES

Lebih Jelas Tentang Mode Berkendara Pada Mitsubishi XForce

Lebih Jelas Tentang Mode Berkendara pada Mitsubishi XForce Foto: KabarOto

KabarOto.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengandalkan Mitsubishi XForce untuk menggebrak pasar kendaraan medium SUV. Memiliki fitur lengkap, salah satunya adalah pilihan fitur 4 mode berkendara, dibuat untuk menyesuaikan kondisi jalan Indonesia.

Keberadaan fitur drive mode atau mode berkendara pada Mitsubishi XForce adalah satu-satunya compact SUV yang disematkan fitur canggih tersebut di Indonesia. Drive mode pada XForce, terdiri dari Normal, Wet, Gravel dan Mud. Mode ini tidak bisa disamakan dengan sistem penggerak 4 roda atau 4x4 seperti pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar.

Baca juga: Impresi Mitsubsihi XForce, 20 Menit Dan 3 Putaran Memberi Dampak Berbeda

Pilihan mode mengemudi pada Mitsubishi XForce

Untuk diketahui, fitur canggih ini disematkan pada varian Ultimate atau tipe tertinggi XForce untuk memberikan sensasi mengemudi yang lebih beragam dan sesuai untuk berbagai kondisi jalan. Lalu, bagaimana cara pakai fitur drive mode Mitsubishi XForce?

Singkat penjelasannya adalah mode Normal untuk medan jalan umum, Wet cocok di situasi hujan atau basah, Gravel di kondisi tanah atau kerikil, dan Mud untuk medan lumpur. Pilihan mode berkendara tersebut cukup diatur melalui tombol di sebelah tuas transmisi. Pilihan mode berkendaranya akan tampil pada layar head unit.

Cara kerja fitur canggih tersebut melibatkan pengaturan mesin, transmisi, rem, dan power steering yang kemudian terintegrasi dengan kontrol traksi, kontrol stabilitas, dan Active Yaw Control (AYC). Banyak yang meyakini jika kondisi hujan saat ini, lebih cocok menggunakan mode Wet untuk XForce.

"Terkait dengan mode drive mode yang ada di XForce, Wet mode itu tersendiri ,karena karakter jalan wet itu berbeda dengan gravel dan mud. Karena kondisi mud dan gravel itu lebih licin lagi dibanding wet, jadi settingnya berbeda," ujar M Arif Dwiyanto selaku Head of Technical Sales Division PT MMKSI, pada Test Drive Mitsubishi XForce Batch 3, Solo, Jawa Tengah (10/12/23).

Pada mode Wet ini, kontrol traksi diatur pada level 4 yang artinya ECU mengatur agar mobil mengurangi slip roda sehingga membantu ketika bermanuver di jalan basah. Kemudian AYC di level 4 untuk meminimalkan understeer, respons akselerasi di level 1,5, dan bobot setir di level 4.

Baca juga: Galeri Foto Mitsubishi XForce

Kehadiran mode Wet pada XForce, merupakan pertama kali disematkan pada kendaraan lansiran Mitsubishi di Indonesia, klaimnya dengan mode Wet ini bisa melewati genangan air setinggi 30 cm.

Setiap penggunaan pada mode tertentu, sistem komputer pada kendaraan akan me-manage traction control dan stability control untuk berbagai permukaan jalan yang spesifik membutuhkan penyetelan berbeda.

"Jadi ada empat drive mode yang ada di XForce, nah drive mode ini enggak ada hubungannya sama transmisi. Tapi berhubungan dengan steering throttle control, AYC, dan satu lagi rem. Itu semua akan terkalibrasi untuk tindakan preventif yang kita lewati di jalan mana pun," pungkas Rifat Sungkar selaku Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia.