POPULAR STORIES

Liburan, Lonjakan Kendaraan 40 Persen Terjadi Di Trans Sumatera

Liburan, Lonjakan Kendaraan 40 Persen Terjadi di Trans Sumatera

KabaraOto.com - Perayaan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dilaporkan terjadi peningkatan lalu lintas di Tol Trans Sumatera (JTTS). PT Hutama Karya (Persero) mencatat, pada hari Kamis kemarin (24/12) sebanyak 80.988 unit kendaraan melintas.

Angka lalu lintas harian rata-rata (LHR) didapatkan dari kendaraan yang masuk melalui sejumlah Gerbang Tol Bakauheni Selatan di Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, GT Terbanggi Besar di Ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung.

Baca Juga: Lebih Aman, 414 SPBU Di Sumatera Terapkan Transaksi Nontunai

Adapun pemantauan dilakukan di GT Palembang, Ruas Palembang–Indralaya, GT Pekanbaru di Ruas Pekanbaru–Dumai, dan GT Blang Bintang di Ruas Sigli–Banda Aceh Seksi 4.

Hutama Karya Suroto selaku Direktur Operasi I mengatakan hal tersebut merupakan peningkatan hingga 40 persen dibanding kondisi normal. Ia bilang, Jumlah LHR di momen Nataru ini mengalami kenaikan 22.987 kendaraan dari 57.991 kendaraan LHR normal sebelum Nataru, menjadi 80.978 kendaraan.

Baca Juga: HDCI Prihatin Atas Peristiwa Yang Terjadi Di Sumatera Barat

"Kami melihat puncak kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Sumatera pada 24 Desember adalah pukul 12.00 WIB, mengingat ini merupakan hari libur pertama di momen Nataru," jelas Suroto.

Ia pun mengatakan perbandingan momen yang sama pada 2019 lalu, lalu lintas harian rata-rata di seluruh ruas Jalan Tol Trans Sumatera mengalami penurunan.