Lima Perusahaan Otomotif Asal Jepang Ini Tanam Saham Kendaraan Otonom Toyota

Lima Perusahaan Otomotif Asal Jepang Ini Tanam Saham Kendaraan Otonom Toyota Foto: Carscoop

KabarOto.com - Selain kendaraan listrik, kendaraan otonom kini mulai digadang sebagai kendaraan masa depan. Tidak hanya itu, kendaraan ini memang dianggap menjadi teknologi yang sangat membantu aktivitas dan mampu menekan angka kecelakaan akibat human error. Pasalnya, kendaraan otonom tidak memerlukan pengemudi operasionalnya.

Jadi, melalui komputerisasi dari teknologi yang digunakan kendaraan tersebut, terdapat sensor-sensor yang mampu menghindarkan penumpang dari kecelakaan lalu lintas. Ini merupakan salah satu alasan yang menjadikan kendaraan dengan teknologi ini naik daun. Teknologinya memang luar biasa ya!

Berbicara tentang modal, dilansir dari Carscoop, brand otomotif yang namanya tidak diragukan di Jepang bakal memasang modalnya. yaitu Mazda, Suzuki, Subaru, Isuzu, dan Daihatsu masing-masing akan mengambil saham dua persen dalam usaha yang dijuluki Monet.

Baca Juga: Pertama Di Indonesia, Subaru Ini 'Pindah Agama' Pakai Mesin Rotary

Sebenarnya, Monet pertama kali diumumkan pada akghir tahun, tepatnya Oktober 2018 lalu. Monet ini sedang mengembangkan platform layanan self-driving berdasarkan permintaan. Kemudian pada bulan Maret endapat investasi dari Honda dan Hino Motors. Jadi pada saat itu ivestasinya sudah mencapai $ 23,3.

Untuk jumlah investasinya, kelima brand otomotif ini masih belum diketahui seberapa besar sumbangsihnya. Tetapi menurut laporan Carscoop, Softbank dan Toyota masing-masing memiliki 35 persen di perusahaan. Sementara Honda dan Hino masing-masing memiliki 10 persen saham.

Monet tidak hanya berharap untuk memastikan pabrikan mobil Jepang secara efisien mengendarai kendaraan otonom. Tetapi awal bulan ini, terungkap bahwa perusahaan tersebut bermaksud meluncurkan versi dasar layanannya di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Selain itu, mereka juga ingin memperkenalkan layanan bis dan mobil on-demand di Jepang tahun depan. Dipercaya bahwa kendaraan otonom masa depan dari Toyota akan menjadi bagian utama dari layanan Monet. Dan mobil ini akan berbasis seperti mobil konsep e-Palette perusahaan yang diluncurkan di CES pada awal 2018.

Untuk konsep kendaraan otonom dari Monet ini tidak hanya dirancang sebagai kendaraan biasa. Konsep ini dirancang untuk digunakan untuk dijadikan sejumlah layanan berbeda, termasuk sebagai alat transportasi untuk transportasi umum atau kendaraan yang digunakan untuk mengirim barang.

Baca Juga: Keren! Toyota C-HR Modifikasi Total Sob!