POPULAR STORIES

Logistik MotoGP Mulai Berdatangan, Dua Pesawat Mendarat Besok

Logistik MotoGP Mulai Berdatangan, Dua Pesawat Mendarat Besok Logistik MotoGP Mandalika saat dibawa menggunakan truk di Lombok Tengah, NTB (ANTARA/Akhyar)

Kabaroto.com - Logistik ajang MotoGP Indonesia telah tiba di Sirkuit Pertamina Mandalika setelah mendarat dari Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu (9/3/2022).

Logistik tersebut dibawa menggunakan pesawat Qatar Airlines type B777F - FDZ Registration A7 - BFJ Rute DOH - LOP - HKG.

Baca juga: Penggemar Marquez Dan Vinales Pesan Tribun Khusus Di MotoGP Mandalika

Logistik perdana dengan total 37 pich atau 230 koli dengan berat 72.220 kg datang sekitar pukul 00.55 Wita.

Kemudian pada pukul 02.15 Wita, sebanyak 4 truk trailer membawa 12 pich logistik MotoGP menuju Sirkuit Mandalika.

Kemudian pada pukul 02.35 wita, sebanyak 4 truk trailer kembali membawa 12 pich logistik dan pada pukul 02.55 Wita, sebanyak 5 truk trailer kembali membawa 13 pich logistik MotoGP Mandalika berangkat dari bandara menuju Sirkuit Mandalika.

"Semua proses pengangkutan logistik MotoGP dikawal unit PJR Dit Lantas Polda NTB. Kemudian pukul 02.57 Wita, pesawat Qatar Airlines QR 8356 type B777F -FDZ, Registration A7-BFJ Rute LOP - HKG take off dari Bandara," ujar Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Arif Haryanto dikutip Antara, Kamis (10/3/2022).

Sirkuit Mandalika sudah siap digunakan (Foto: Istimewa)

Logistik untuk ajang MotoGP tersebut dibawa menggunakan 5 pesawat, sehingga datang secara bertahap mulai tanggal 9 Maret dan 11 Maret. "Hari ini tiga pesawat dan dua pesawat tanggal 11 Maret," katanya.

Kedatangan logistik tersebut dipertegas oleh Direktur Operasi PT Angkasa Pura Logistik, Troficiendy Suroso. Menurut dia jumlah logistik pendukung yang akan dibawa untuk event MotoGP Mandalika kali ini jauh lebih banyak dibandingkan logistik untuk tes pra musim yang lalu.

Ada empat tahapan yang dihandling oleh Angkasa Pura Logistik. Mulai dari tahap loading, distribusi, unloading dan breakdown.

"Kedatangan pertama diturunkan 72 ton race equipment, jadi perkiraan total incoming sekitar 350 ton dan dalam waktu 1 jam setengah tim logistik secara rata-rata melakukan proses loading yang mana lebih 80 ton, ini juga merupakan sebuah prestasi," katanya.

Baca juga: Penjualan Tiket MotoGP Mandalika Di Website Ini Laris Manis

Sementara itu, Kapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono mengatakan, kedatangan logistik ajang Pertamina Grand Prix Of Indonesia (MotoGP 2022) di Mandalika dikawal ketat oleh aparat gabungan TNI-Polri.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya hal yang tidak diinginkan terjadi dalam proses pengangkutan logistik tersebut. "Kedatangan logistik itu tetap mendapatkan pengawalan dari anggota," beber dia.