POPULAR STORIES

Maserati Akan Pasang Mesin V8 Di Levante Trofeo

Maserati Akan Pasang Mesin V8 di Levante Trofeo Maserati Levante Trofeo (Maserati)

KabarOto.com – Produsen mobil sport asal Italia, Maserati, berencana memasang mesin baru yang lebih bertenaga untuk SUV andalannya, Levante Trofeo. Saat ini, Levante hadir dengan menggunakan mesin V6, dan Maserati akan meluncurkan mesin V8.

Mesin baru itu dikabarkan berasal dari Ferrari, dengan konfigurasi V8 3.8 liter twin turbo. Basis mesin tersebut sama dengan yang digunakan oleh Maserati Quattroporte GTS. Namun dengan teknologi baru, seperti revisi pada turbo, juga kepala silinder dan piston yang dirancang ulang.

Ada juga desain crankcase, crankshaft, pompa oli, auxiliary belt dan tata letak kabel kelistrikan baru, yang bertujuan untuk mengakomodasi sistem penggerak Q4 all wheel drive.

Hasilnya, mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga hingga 590 dk pada 6.250 rpm. Torsinya pun sangat besar, mencapai 730 Nm, mulai dari 2.250 hingga 5.000 rpm.

Untuk menyalurkan tenaga sebesar itu ke empat buah roda, Levante dilengkapi transmisi otomatis 8 percepatan. Dengan semua teknologi tersebut, Trofeo diklaim dapat berlari dari 0 hingga 100 kpj hanya dalam waktu 3,9 detik. Bila pengemudi masih memiliki nyali, pedal gas SUV tersebut dapat diinjak lebih dalam hingga kecepatan 300 kpj.

Kestabilan Trofeo saat kecepatan tinggi, berkat penggunaan sistem suspensi double wishbone pada bagian depan dan multilink dengan air springs, serta Skyhook adaptive damping pada bagian belakang. Makin stabil dengan adanya pelek Orione berukuran 22 inci, yang disebut sebagai pelek terbesar yang pernah dipasang pada Maserati.

Baca juga: Hyundai Tucson Meluncur di Amerika, Ini Spesifikasinya