POPULAR STORIES

Masyarakat Diminta Rencanakan Liburan Dengan Baik Jika Lewat Penyeberangan Merak-Bakauheni

Masyarakat Diminta Rencanakan Liburan dengan Baik Jika Lewat Penyeberangan Merak-Bakauheni Penyeberangan Merak-Bakauheni (asdp.id)

KabarOto.com - Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Firman Shantyabudi mengimbau kepada masyarakat agar merencanakan perjalanannya dengan baik demi kelancaran. Terutama bagi masyarakat yang ingin melalui penyeberangan Merak-Bakauheni untuk menghabiskan musim liburan Natal dan Tahun Baru.

"Kalau berangkatnya direncanakan dengan baik, antrian tersebut tidak terjadi. Kalaupun ada itu menunggu kapal, tapi sepanjang kapalnya ada, pelabuhannya dioptimalkan dan antriannya tertib maka akan makin cepat," ujar Irjen Firman Shantyabudi.

Baca Juga: Dirlantas Se-Indonesia Ditugaskan Lakukan Pengamanan Dan Pelayanan Saat Libur Nataru

Guna mengantisipasi puncak kepadatan periode Nataru mendatang, berkaca dari Angkutan Lebaran 2022, telah disiapkan sejumlah langkah strategis diantaranya dengan mengoptimalkan pola operasi kapal melalui skema normal, padat, dan sangat padat.

Penyeberangan Merak-Bakauheni (asdp.id)

Juga dilakukan pendistribusian kendaraan serta mengoperasikan kapal-kapal berkapasitas besar jika terjadi lonjakan penumpang. Di samping itu, juga dilakukan sosialisasi secara masif terkait pembelian tiket dan penertiban agen-agen penjualan ferizy di sekitar area pelabuhan.

Terlebih, diprediksi pergerakan penumpang dan kendaraan saat musim libur Nataru di penyeberangan Merak-Bakauheni diprediksi akan meningkat 7% jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga : Tingkatkan Branding Pelumas Lokal, Pertamina Lubricants Ajak Jurnalis Touring Ke Ujung Genteng

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno juga meminta masyarakat yang menggunakan penyeberangan di Merak- Bakauheni untuk ikuti aturan dalam berkendaraan. Nantinya, hal tersebut akan diatur petugas di jalan untuk keselamatan masyarakat itu sendiri.