POPULAR STORIES

Mau Beli Isuzu Panther, Cuma Ada Di Indonesia

Mau Beli Isuzu Panther, Cuma Ada di Indonesia Isuzu Panther (dok IAMI)

KabarOto.com - Isuzu Panther, nama yang tentunya tidak asing bagi anak-anak generasi 90-an. Multi Purpose Vehicle (MPV) ini terbilang menjadi salah satu mobil legendaris di Indonesia. Pada era kejayaannya, Panther sangat banyak terlihat lalu lalang di jalan dan menjadi salah satu mobil impian sebagian masyarakat di Tanah Air.

Sedikit mengulas lebih dalam, Isuzu Panther pertama kali dikembangkan di Jepang dengan kode Asian Utility Vehicle (AUV). Sejak awal kemunculannya, Panther dikenal sebagai mobil yang tangguh, irit, dan bandel. Mobil ini juga dikenal dengan perawatannya yang mudah, dan termasuk kendaraan yang nyaman untuk melahap segala medan jalan di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, penjualan Isuzu Panther terus mengalami penurunan di pasar domestik, karena mobil ini tak kunjung mendapatkan penyegaran. Meskipun mobil bermesin diesel itu masih tetap memiliki konsumen loyal hingga saat ini.

Baca juga: Belum Ada Titik Terang Mengenai Nasib Isuzu Panther Di Indonesia

Menurut Attias Asril, GM Marketing Division PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menjelaskan, "Hingga saat ini kita terus melakukan studi terkait nasib Panther. Karena di tahun 2021 mendatang, pemerintah sudah mencanangkan standar emisi Euro 4 untuk mesin diesel," ujarnya.

Ia pun mengaku bahwa saat ini Isuzu Indonesia masih menunggu, apakah pada saat Euro 4, Panther masih hidup ataupun tidak. Namun yang pasti Attias memastikan bahwa hingga saat ini Panther masih diproduksi.

Isuzu Panther

Saat digali lebih jauh, Aat (panggilan akrabnya) mengatakan, Indonesia merupakan satu-satunya negara yang masih menjual Panther. Mobil keluarga ini memiliki DNA Indonesia, yang membuatnya masih tetap diminati masyarakat.

"Indonesia satu-sataunya negara yang masih memasarkan Panther, karena DNA dan asalnya itu dari kita (Indonesia). Terakhir itu Filipina sudah selesai (tidak lagi menjual Panther), dan kini beralih ke mu-X. Karena saat ini prinsipal punya mu-X, jadi lebih konsentrasi dan dikembangkan saat ini," paparnya.

Baca juga: Isuzu Traga Dari Indonesia Bakal Jajal Pasar Asia Tenggara

Sekadar menyegarkan ingatan Anda, Isuzu Panther terakhir kali mendapatkan penyegaran di tahun 2005 silam. Perubahannya sendiri meliputi sisi eksterior berupa sentuhan baru di gril, desain lampu utama baru, dan sisi interior yang mendapatkan penyegaran.

Di periode itu, Isuzu juga menambahkan varian Panther yakni Grand Touring dan LV Adventure. Tak hanya itu, terdapat juga perangkat turbo pada semua varian untuk memenuhi standar Euro II. Selang beberapa tahun kemudian tepatnya di tahun 2013, Isuzu kembali memberikan sentuhan ringan atau facelift untuk mobil ini.

POPULAR STORIES

HOT