POPULAR STORIES

Maverick Vinales Anggap Masalah Yamaha Masih Sama

Maverick Vinales Anggap Masalah Yamaha Masih Sama

KabarOto.com – Selama empat tahun bersama tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales belum mendapatkan apa yang dijanjikan oleh pabrikan Jepang tersebut yaitu menjadi juara dunia.

Vinales akan memasuki tahun ketujuh di kelas utama, tetapi ia belum bisa bersaing untuk memperebutkan gelar juara dunia. MotoGP 2020 merupakan musim terburuk bagi Vinales karena hanya menempati posisi ke-6 di klasemen akhir.

Baca juga : Franco Morbidelli Jadi Andalan Yamaha Perebutkan Titel MotoGP 2021

Padahal di tahun sebelumnya, Vinales masuk posisi tiga besar di klasemen akhir MotoGP 2019. Salah satu masalahnya pada daya cengrakaman ban belakang yang rendah, yang membuat para pembalap tidak bisa tampil apik. Padahal, penggunaan ban baru Michelin yang memiliki daya cengkeraman tinggi tetapi penggunaan ban baru tersebut tidak bisa membantu kinerja motor.

“Masalahnya masih sama, kami tidak berhasil melakukan peningkatan di setiap akhir pekan. Sebagian besar kami memulai musim dengan kuat, tetapi setelah itu perfoma kami mengalami penurunan,” ungkap Vinales.

Untuk musim 2021, motor yang digunakan seluruh tim MotoGP sebagian besar sama seperti 2020 karena ada peraturan pembekuan mesin. Oleh karena itu, Vinales tidak berharap banyak pada MotoGP 2021. Karena ia merasa kinerja Yamaha YZR-M1 miliknya masih sama seperti sebelumnya, meski para petinggi tim sudah berusaha untuk meningkatkan kinerja motornya pada musim dingin ini.

“Saya tidak bisa menjelaskan kenapa itu bisa terjadi. Saya tidak memiliki target yang tinggi saat ini, jujur saya tidak bisa melakukan apa pun selain berusaha untuk tetap berpikir positif, tenang dan mengendarai motor lebih baik lagi,” lanjut Vinales.

Baca juga: Yamaha F155, Pengembangan Masa Depan MX King

Cal Cruthclow akan membantu pengembangan Yamaha YZR-M1

Sebelumnya, Yamaha sempat mendominasi pada dua balapan pertama di Sirkuit Jerez, Spanyol. Namun, setelah dua balapan tersebut pembalap Yamaha menggunakan M1 versi 2020 yang tidak memiliki performa konsisten.

Berbeda dengan Franco Morbidelli yang menggunakan M1 2019 justru bisa tampil apik untuk memperebutkan gelar juara dunia. Pada tahun 2021 ini, Yamaha akan mengandalkan Cal Crutchlow untuk pengembangan YZR-M1. Vinales juga berharap kedatagan Crutchlow bisa membuat Yamaha lebih baik.