POPULAR STORIES

Max Verstappen Buka Keran Kemenangan Musim Ini, Kejar Pimpinan Klasemen

Max Verstappen Buka Keran Kemenangan Musim Ini, Kejar Pimpinan Klasemen Sumber dan Foto: Formula 1 dan ExxonMobil Indonesia

KabarOto.com - Sirkuit Corniche Jeddah, Arab Saudi, kembali menggelar balapan Formula 1 untuk kedua kalinya setelah melakukan debutnya pada 2021. Para penggemar dan pembalap merasakan balapan penuh aksi pada tahun 2021, dengan sirkuit berkarakter cepat.

Kini balapan Formula 1 kembali ke kota Jeddah dengan regulasi baru terbukti memperlihatkan pertarungan balapan F1 tidak lagi membosankan. Pertarungan sengit terjadi antara Red Bull Racing dengan Scuderia Ferrari, sementara Mercedes-AMG Petronas masih belum menunjukan taringnya. Padahal beberapa tahun ke belakang selalu menunjukan ketangguhannya.

Meskipun Scuderia Ferrari memuncaki catatan waktu di kedua sesi latihan pembukaan di Jeddah, Red Bull Racing telah mengantisipasi pertarungan satu lawan satu dengan Ferrari yang juga menunjukkan kecepatan kompetitif dalam latihan bebas sebelumnya.

Baca juga: Hasil F1 Arab Saudi 2022, Max Verstappen Kembali Juara

Pertarungan sengit Max Verstappen (Red Bull Racing) dengan Charles Leclerc (Ferrari) hingga lap akhir

Di awal lomba yang berlangsung di Sirkuit Jeddah pada Minggu (27/03) kemarin, Sergio Perez (Red Bull Racing) menempati posisi start terdepan disusul duet Scuderia Ferrari yakni Charles Leclerc dan Carlos Sainz. Sementara Max Verstappen (Red Bull Racing) berada diposisi empat, namun sebagai juara dunia bertahan, Verstappen menunjukan kelasnya. Pada akhirnya ia berhasil menempati posisi dua dan bertarung dengan Leclerc.

Verstappen dan Leclerc bertarung ketat hingga menjelang sepuluh lap terakhir. Verstappen menegaskan kemenangannya di empat lap terakhir dari total 50 lap. Rekan setimnya, Sergio Perez berhasil meraih poin, dengan finis di posisi empat. Dirinya kurang beruntung di saat pitbox pertama, terjadi insiden pembalap lain di lintasan, posisi terdepan yang didambakan harus pupus, padahal Perez start dari pole position, dan tengah memimpin balapan.

Rommy Averdy selaku Mobil Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) mengapresiasi atas kemenangan yang diperoleh Verstappen di Arab Saudi. "Kebangkitan luar biasa Verstappen setelah seri sebelumnya kurang maksimal, dan di seri kedua ini ditebus dengan kemenangan. Bahkan suguhkan tontonan seru sepanjang balapan, menunjukkan bahwa Verstappen memang juara sejati, serta menunjukkan pelumas mesin Mobil1 bekerja optimal di mesin Honda V6 Hybrid Turbo 1.600 cc yang memang kompetitif," ujar Rommy.

Verstappen mengakui bahwa ini balapan yang seru dan dramatis, pertarungannya dengan Leclerc diakuinya cukup sulit. Kesabaran menjadi kuncinya, dan manajemen strategi pit stop juga menjadi peran penting.

"Kami memainkan peranan ban yang tampaknya membuahkan hasil. Menjelang akhir balapan, rasanya seperti melakukan kualifikasi berkali-kali, yang intens tetapi sangat keren. Pada akhirnya, bisa menang dan kami bisa sangat bangga akan hal itu sebagai sebuah tim. Itu tidak mudah di luar sana, tetapi saya pikir kami memaksimalkan semua yang bisa hari ini. Balapan kali ini tidak beruntung bagi Perez saat Safety Car muncul, tetapi masih banyak kesempatan balapan di depan kami di mana dapat menebusnya,” ungkap Max Verstappen.

Baca juga: McLaren Dan Red Bull Racing Berjudi Untuk Musim 2022, Mengadopsi Suspensi Pull-Rod

Kemenangan pertama Max Verstappen di musim 2022

Sergio Perez mengakui kekecewaannya, kurang beruntung untuk memenangkan lomba. Akibat insiden dengan Carlos Sainz, ia harus kehilangan posisinya. Perez mengaku kurang memperhatikan Safety Car Virtual, sehingga secara tak sengaja seperti mendesak Sainz ke pinggir lintasan. Akhirnya pihak pimpinan lomba pun meminta Perez untuk membiarkan Sainz mengambil posisinya.

Dengan kemenangan pertama Verstappen musim ini, juga Perez yang menyumbangkan poin dengan posisi empatnya. Membuat posisi klasemen yang dipuncaki Charles Leclerc sedikit terganggu, Verstappen bisa saja memenangkan lomba berikutnya dan meraih pon maksimalnya.

Namun apakah bisa Red Bull Racing menempatkan kedua pembalapnya untuk podium bersama di Australia pada 10 April mendatang?

"Semoga Verstappen dan Perez bisa start dari posisi strategis dan bersama-sama naik podium kemenangan di Australia nanti. Sebagai informasi, pelumas yang digunakan oleh tim Red Bull Racing juga tersedia di pasar Indonesia seperti rangkaian produk pelumas Mobil1 dan Mobil Super yang tersedia di bengkel-bengkel kesayangan anda," tutup Rommy Averdy.

Klasemen sementara pembalap Formula 1 musim 2022, usai balapan di Arab Saudi: