POPULAR STORIES

Melihat Lebih Dekat Hyundai I30 N, Safety Car WSBK 2022

Melihat Lebih Dekat Hyundai i30 N, Safety Car WSBK 2022 Hyundai i30 N di Sirkuit Mandalika (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Hyundai i30 N bertugas mengawal balapan WSBK 2022, termasuk seri ke-11 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok. Sebagai safety car, hot hatch ini perfromanya cukup diklaim memiliki performa gahar.

Menggunakan mesin turbo 4 silinder berkapasitas 2.000 cc, mampu menghasilkan tenaga 285 dk dan torsi 392 Nm. Jantung pacu ini, dipadu dengan transmisi kopling ganda wet-type 8 percepatan, dilengkapi paddle shifter dan tambahan new N performance, memberikan sensasi berkendara lebih agresif.

Mesin bertenaga 285 dk dan torsi 392 Nm

Sebagai informasi, Hyundai i30 N yang bertugas balapan WSBK dibekali dua pilihan mesin, yakni Theta 2.0T GDI P PKG dan Theta 2.0T GDI STD.

Baca Juga : Hyundai Dan OIKN Sepakat Bangun Mobilitas Darat Dan Udara Di Calon Ibu Kota Baru

Performa khas mobil balap, Hyundai i30 N ini mendapatkan perlengkapan tambahan, seperti pelek aftermarket dari Braid, ban Pirelli P Zero berukuran 255/35 R19. Selain itu, knalpot ganda menambah performa dan mengeluarkan suara, menambah kesan sporty.

Menggunakan livery khusus saat WSBK 2022

Secara tampilan, Hyundai i30 N menggunakan livery khusus berwarna biru muda dan oranye. Sementara itu, interior tidak ada ubahan, dan masih menggunakan setir kiri.

Sebagai informasi, Hyundai Motor Company sudah bekerjasama dengan World Superbike (WSBK) sejak tahun 2019. Hyundai i30 N merupakan mobil performa tinggi dari divisi Hyundai N.

Posisi setir berada di kiri

Divisi khusus yang meracik mobil performance tersebut berlokasi di Kota Namyang, pusat R&D Hyundai. Divisi ini serupa dengan BMW M, Mercedes-AMG, atau Toyota GR.

Baca Juga : Ini Tugas Hyundai I30 N Sebagai Safety Car WSBK Di Sirkuit Mandalika

Merasakan performa Hyundai i30 N di Sirkuit Mandalika

KabarOto berkesempatan berkeliling satu putaran di sirkuit Mandalika, menggunakan Hyundai i30 N ini. Meski tidak menyetir sendiri, performa mobil ini dapat dirasakan sangat baik. Saat berakselerasi di beberapa tikungan, masih dirasakan kenyamanan. Kabin pun terasa senyap.

Knalpot ganda menambahkan kesan sporti

Nick Cursi pengemudi Safety Car Hyundai i30 N di WSBK 2022 Mandalika mengatakan, meski berada di kecepatan tinggi, mobil ini masih sangat stabil, menyenangkan sekali mengendarainya di sirkuit.

"Hyundai i30 N menggunakan sasis racing. Bahkan, versi standarnya juga menggunakan sasis yang sama. Bagian ini yang paling saya suka," ungkap Nic kepada KabarOto, di Sirkuit Mandalika, Sabtu (12/11/2022).