Mengenal Tata Starbus Hybrid Electric Bus Yang "Mungkin" Masuk Indonesia

Mengenal Tata Starbus Hybrid Electric Bus yang "Mungkin" Masuk Indonesia Tata Starbus Hybrid Electric Bus

KabarOto.com - Tata Motors, produsen kendaraan penumpang maupun kendaraan komersial asal India membuat gebrakan baru di negeri asalnya. Dimana Tata Motors merupakan produsen kendaraan niaga pertama yang secara komersial menggunakan teknologi seri hibrida di negeri Hindustan. Sebagai wujud nyatanya ditandai dengan diserahkannya satu unit bus Tata Starbus Hybrid Electric Bus kepada Mumbai Metropolitan Region Development Authority, pada (16/03) di Mumbai, India.

Sedikit mengupas lebih dalam mengenai kendaraan ramah lingkungan tersebut, bus ini dilengkapi dengan 2 tenaga yakni mesin diesel generasi terbaru yang sesuai yakni BS IV dan motor listrik. Mesin tersebut tentunya lebih hemat energi, ramah lingkungan dan tentunya aman.

Baca juga: Tata Motors Suplai 25 Unit Bus Hybrid ke MMRDA

Irish Wagh, President Commercial Vehicle Business Tata Motors mengatakan, "Selama enam dekade Tata Motors telah memimpin teknologi di industri kendaraan niaga secara berkelanjutan sebagai jantung program inovasi," ujarnya.

Lebih lanjut Wagh pun menjelaskan bahwa Tata Starbus Hybrid Electric merupakan bus dengan arsitektur hybrid electric pertama di India dan merupakan bukti dari kemajuan teknologi dan pemahaman mendalam mengenai kebutuhan para pelanggan.

Tata Starbus Hybrid Electric Bus
Tata Starbus Hybrid Electric Bus

Sekadar informasi, bus ini turut dilengkapi beragam fitur keselamatan modern. Selain itu dari sisi desain, Tata Starbus Hybrid Electric Bus memiliki desain eksterior modern layaknya bus-bus premium. Tata Starbus Hybrid Electric Bus sendiri telah dirancang sesuai dengan UBS-II (Spesifikasi Bus Urban), AIS 052 (Automotive Industry Standards) dan CMVR (Central Motor Vehicle Rules).

Melalui kehadiran bus ini, diklaim pabrikan sebagai komitmen mereka untuk terus menghadirkan bus rendah emisi yang memberikan kontribusi positif terhadap transportasi perkotaan yang berkelanjutan.

"Kami akan melanjutkan pekerjaan kami tentang elektrifikasi dan teknologi bahan bakar alternatif dan terlibat dengan pemerintah dan pihak berwenang untuk mempromosikan teknologi cerdas ini dan mengembangkan produk untuk memperkuat masa depan Mobilitas Hijau di India," tambah Wagh.

Tata Starbus Hybrid Electric Bus
Tata Starbus Hybrid Electric Bus

Saat dikonfirmasi oleh tim KabarOto mengenai kemungkinan Tata Starbus Hybrid Electric Bus masuk ke Indonesia, Kiki Fajar selaku Public Relations Manager PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) menjelaskan, kemungkinan itu selalu ada, namun tergantung dari permintaan.

"Kalau ditanya mungkinkah masuk Indonesia, tentunya bisa saja tapi tergantung dari permintaan. Kalau pemerintah India itu kan memang meminta kepada prinsipal sebanyak 100 unit kendaraan bermesin listrik, dan beberapa di antaranya adalah Tata Starbus Hybrid Electric Bus," paparnya.

Selain itu jika pemerintah Indonesia menginginkan, Tata sendiri sebagai produsen tentunya juga akan menyiapkan. "Kita sebagai produsen itu menghadirkan produk berdasarkan permintaan, kalau memang ada permintaan khusus ya tentunya kita pasti melayani," tuntasnya.