POPULAR STORIES

Menariknya Pelek Kaleng Aftermarket Beragam Pilihan

Menariknya Pelek Kaleng Aftermarket Beragam Pilihan Foto : Deddy / KO

KabarOto.com – Cara paling mudah membuat tampilan mobil standar menjadi lebih elegan dan sporty adalah dengan mengganti peleknya. Begitu banyaknya pilihan pelek aftermarket yang ada di pasaran sekarang ini, baik itu replika ataupun original.

Biasanya pelek aftermarket kebanyakan berbahan alloy, karena dinilai lebih ringan, durabilitas cukup untuk penggunaan sehari-hari, serta modelnya beragam. Tetapi bagaimana dengan pelek kaleng? Apakah ada pelek kaleng aftermarket dengan model bagus? Karena seperti yang kita tahu, pelek kaleng modelnya hanya itu-itu saja.

Pelek steel merek Inko Overland tipe Dakar.

Tapi jawabannya ternyata ada loh Sob, namun memang pelek kaleng sering dicap sebagai pelek mobil tipe terendah, dan lebih banyak digunakan oleh mobil angkutan daripada mobil penumpang.

Baca Juga : Bosan Tampilan Pelek OEM? Repaint Saja!

Padahal faktanya, ada brand asal Indonesia yang berinovasi membuat pelek kaleng dengan berbagai model loh, sehingga para pecinta modifikasi bisa punya pilihan beragam. Terdapat 2 brand yakni Avantech dam Inko Overland.

Berbagai tipe, salah satunya model Baja.

“Untuk brand pelek steel ada 2, yaitu Avantech dan Inko Overland. Modelnya sendiri berbeda, bukan seperti pelek kaleng pada umumnya untuk ban serep dan sebagainya,” ujar Anthony Chandra selaku Marketing Supervisor.

Baca Juga : Mau Beli Pelek BBS Atau HRE Asli, Concept Motorsport Solusinya

Bagi yang masih belum percaya pada kekuatan pelek kaleng, faktanya keduanya memiliki durabilitas sama kok Sob “Keduanya sudah melewati beberapa tes sebagai standar, bedanya untuk alloy mendapat 3 tes, yakni Impact test, Durability test, dan moment life test. Sementara pelek steel hanya 2 test yakni durability dan moment life test saja, sebab pelek kaleng tidak akan pecah terhadap impact test dan hanya penyok saja,” jelas Pria ramah tersebut.

Tipe Kalahari juga menawarkan model berbeda.

Mengenai bobotnya, pelek kaleng memang sedikit lebih berat dari pelek alloy, namun selisihnya tidak terlalu jauh kok sob, dan dipastikan masih nyaman untuk penggunaan harian. Lalu ukurannya berkisar antara 15 hingg 17 inci. Kabanyakan juga size PCD untuk mobil besar misalnya 5x139/150, 6x139/114.3 dan blank sehingga kita bisa tentukan sendiri ukurannya.

Jimny memakai Avantech Modular makin gahar sob.

Soal harga, pelek kaleng ini dibanderol sekitar Rp 950 ribu hingga Rp 1.6 juta per buahnya. Sehingga memungkinkan kita sekalian mengganti bagian ban serep. Nah bisa jadi opsional nih buat kalian yang sudah bosan dengan model pelek alloy.