Mengenal Highside, Kecelakaan Yang Menimpa Marc Marquez Di Mandalika

Mengenal Highside, Kecelakaan yang Menimpa Marc Marquez di Mandalika Marc Marquez terpelanting terlepas dari motornya (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Marc Marquez mengalami kecelakaan dalam sesi warm-up Pertamina Grand Prix of Indonesia, di Sirkuit Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (20/03). Kecelakaan Marquez disebut sebagai kecelakaan highside.

Pembalap nomor 93 itu, terjatuh di tikungan ke-7, ia kehilangan kendali dan terpelanting ke udara. Honda RC213V yang dikendarainya pun sempat berputar di udara hingga akhirnya jatuh dan hancur.

Beruntung Marc Marquez selamat dalam kecelakaan itu. Ia masih bisa berdiri dan menjauh dari motornya yang rusak parah.

Baca juga: Marc Marquez Gegar Otak, Dipastikan Absen Di Pertamina Grand Prix Of Indonesia

Marc Marquez mengalami kecelakaan di Mandalika (Foto: Istimewa)

Setelah kejadian tersebut, Marquez dilarikan ke rumah sakit. Lalu apa sebenarnya Highside itu?

Insiden highside sendiri terjadi karena rem belakang terkunci atau karena ban yang kehilangan traksi saat berakselerasi. Hal itu disebabkan akibat pengereman yang salah, atau ban kehilangan daya cengkeram.

Saat highside terjadi, roda belakang biasanya tidak lurus sejalan dengan roda depan, posisinya berlawanan ke sisi lain. Kondisi inilah yang bisa membuat pengendara terpental ke udara.

Baca juga: Sesi Warm-Up MotoGP Indonesia 2022, Marc Marquez Highside

Sementara itu, lowside kecelakaan yang disebabkan pembalap kehilangan grip kedua atau salah satu ban tanpa mendapatkan traksi kembali.

Lowside kerap terjadi saat pembalap kehilangan grip di bagian depan. Pembalap yang mengalami kecelakaan ini, tak terbanting dari motor. Lowside terjadi karena pembalap kehilangan traksi roda depan.