POPULAR STORIES

Menilik Perbedaaan Truk Self Loader Dengan Towing

Menilik Perbedaaan Truk Self Loader dengan Towing Truk towing. (dok/foto: PMT Karoseri)

KabarOto - Memiliki fungsi sebagai alat pengangkut kendaraan, truk self loader dan towing ternyata memiliki peran yang berbeda, pasalnya truk self loader berfungsi untuk mengangkut kendaraan berat sedangkan towing lebih banyak mengangkut kendaraan penumpang.

“Truk Self Loader itu fungsi utamanya untuk mengangkut benda-benda berukuran besar dan berat, seperti excavator, dozer, vibratory roller, sampai dengan berbagai jenis mesin,” kata pemilik Putra Mandiri Tehnik (PMT) Karoseri, Suratno, Jumat (12/01).

Baca juga: Honda Gandeng Isuzu Jalankan Proyek Truk Hidrogen Giga Fuel Cell

Truk towing. (dok/foto: PMT Karoseri)

Menurut pria yang akrab disapa Nuno ini, truk self loader menggunakan sistem hidrolik sehingga alat berat yang berada diatas truk lebih mudah untuk diturunkan karena hidrolik yang terletak dibagian belakang roda depan menjungkit bagian depan truk.

“Sehingga proses memuat alat berat ke atas truk atau menurunkannya bisa lebih mudah karena dibantu oleh adanya sistem hidrolik, jadi kalau alat berat mau turun atau naik ke atas truk bisa sangat terbantu,” ujarnya.

Sementara truk towing, kata Nuno, peruntukannya adalah mengangkut kendaraan penumpang seperti mobil, pikap atau kendaraan roda dua yang berat maksimalnya tidak terlalu besar dibandingkan alat berat.

Baca juga: Yutong YTK90E, Truk Listrik Untuk Pertambangan

Truk self loader. (dok/foto: PMT Karoseri)

“Kalau truk self loader itu kapasitas angkutnya bisa sampai 30 ton disesuaikan dengan jenis truknya yakni 6x4 sehingga mampu mengangkut kendaraan berat, sedangkan towing daya angkutnya lebih sedikit yakni hanya 2 ton karena unitnya menggunakan truk yang lebih kecil,” ungkasnya.

Meski benda-benda tersebut juga bisa saja diangkut dengan truk biasa, tambah Nuno, namun penggunaan self loader memberikan kemudahan tersendiri. Adanya sistem hidrolik pada self loader memungkinkan proses loading dan unloading menjadi lebih mudah dan aman.